SEPAK BOLA GAJAH : Status 10 Pemain dan 3 Ofisial PSIS Dipulihkan

 Logo PSIS Semarang. (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLOPOS.COM - Logo PSIS Semarang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Sepak bola gajah, para pemain dan ofisial PSIS yang terhukum statusnya dipulihkan oleh PSIS.

Semarangpos.com, SEMARANG – Jelang kompetisi Divisi Utama bergulir PSIS Semarang mendapat kabar baik. Para pemain dan ofisial PSIS yang terjerat hukuman akibat kasus sepak bola gajah saat melawan PSS Sleman pada kompetisi Divisi Utama musim 2014 lalu statusnya dipulihkan oleh PSSI.

Dengan demikian, para pemain dan ofisial PSIS itu pun bisa kembali tampil di kancah persepakbolaan nasional. Mereka tak lagi dilarang tampil di kompetisi resmi karena hukuman dari PSSI telah dicabut.

Kepastian terkait pemulihan status para pemain dan ofisial PSIS yang terjerat kasus sepak bola gajah itu disampaikan Direktur Kompetisi PSIS, Khairul Anwar, saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (23/1/2017). Khairul menyebutkan dari 17 pemain dan ofisial tim yang terkena sanksi baru 13 orang yang statusnya telah dipulihkan.

”Pemulihan status para pemain dan ofisial PSIS itu diputuskan dalam rapat Exco [Komisi Eksekutif] PSSI beberapa waktu lalu. Tapi, suratnya baru kami peroleh Sabtu [21/1/2017] kemarin. Dalam surat yang ditandatangani Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, itu ada 13 orang dari PSIS yang hukumannya dicabut. Status mereka dipulihkan dan boleh berkiprah lagi di persepakbolaan Tanah Air,” beber Khairul.

Dari 13 orang yang diampuni itu, 10 di antaranya pemain PSIS. Sementara, tiga orang lainnya merupakan ofisial tim, yakni pelatih Eko Riyadi, asisten pelatih Setiawan, dan pelatih kiper Budi Cipto.

Sementara, ke-10 pemain yang statusnya dipulihkan itu, yakni Saptono, Sunar Sulaiman, Anam Syahrul, Taufik Hidayat, Eli Nasoka, Franky Mahendra, Andi Rohmat, Vidi Hasiholan, dan dua pemain asing Ronald Fagundez dan Julio Alcorse.

Khairul menambahkan 10 pemain yang statusnya sudah dipulihkan ini belum tentu akan kembali bergabung bersama PSIS. Apakah ke-10 pemain ini akan digunakan PSIS atau tidak, keputusan ada ditangan pelatih saat ini, Subangkit.

Meski demikian, ia berharap jika PSIS tak menggunakan, para pemain itu tetap bisa berkiprah di persepakbolaan nasional bersama klub lain.

“Mereka itu juga korban dari sepak bola gajah. Sekarang dengan status yang sudah dipulihkan, semoga ada klub yang berminat menggunakan jasa mereka,” ujar Khairul.

Ke-10 pemain dan tiga ofisial PSIS itu mendapat hukuman berbeda-beda dari PSSI karena terlibat sepak bola gajah. Ada beberapa pemain yang dihukum seumur hidup dan ada juga yang disanksi selama 10 tahun.

Mereka terkena hukuman setelah terlibat sepak bola gajah saat PSIS bermain melawan PSS Sleman pada Babak Perempat Final Divisi Utama 2014. Saat itu, kedua tim sama-sama ingin mengalah dengan cara mencetak gol ke gawang masing-masing. Dalam laga yang menjadi salah satu skandal terburuk persepakbolaan Tanah Air itu PSS akhirnya tampil sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Berita Terkait

Espos Premium

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Berita Terkini

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Persis Solo Vs AHHA PS Pati Juga Disiarkan Streaming Loh, Ini Linknya

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan digelar di Stadion Manahan Solo.

Ada DPC PDIP di Jateng Dukung Ganjar, Ini Komentar Wawali Solo

Wawali Solo Teguh Prakoso yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo menanggapi ihwal dukung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sejumlah Event Besar bakal Digelar di Borobudur, Vaksinasi Dipercepat

Pemprov Jawa Tengah akan mempercepat cakupan vaksinasi di kawasan Candi Borobudur karena sejumlah agenda atau event wisata bakal digelar.

Umat Hindu Gelar Sembahyang di Yoni Terdampak Jalan Tol Solo-Jogja

Ibadah digelar dengan khusyuk mengelilingi yoni yang berada di tengah sawah

BP Jamsostek Cabang Surakarta Bayar Klaim JHT 22.310 Peserta

Sebanyak 22.310 orang telah melakukan pencairan klaim JHT pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Kantor Cabang Surakarta.

Bangkitkan Gairah Persis Solo Juara Liga, Banner Dukungan Bertebaran

Kompetisi Liga 2 Indonesia yang kembali bergulir membuat para pendukung Persis Solo bergerak menyuarakan dukungan dengan berbagai ekspresi.

Selain Bhre-Paundra, Sosok Ini Dinilai Layak Pimpin Mangkunegaran Solo

Selain Bhre dan Paundra yang merupakan putra Mangkunagoro IX, ada sosok lain yang dianggap layak memimpin Pura Mangkunegaran Solo.

Berada di Grup Neraka, Hizbul Wathan Waspadai Persis Solo

Persis Solo sebagai tuan rumah dinilai menjadi tim paling diwaspadai oleh Hizbul Wathan FC dan dinilai sebagai tim terkuat.

6 Jenis Permainan di Squid Game Ini Dijamin Bikin Jantung Berdebar

Para peserta diharuskan lolos melewati 6 jenis permainan di Squid Game ini, jika tak lolos maka nyawa taruhannya.

Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Indonesia dikabarkan akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP pada musim depan. Gelaran itu akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Setia Mendampingi Sang Ayah, Ini Sosok Putra Tukul yang Jadi Polisi

Ega Prayudhi memang selalu setia mendampingi sang ayah yang sedang terbaring sakit. Pria gagah tersebut merupakan anggota kepolisian.

Jahanam! Ustaz di Trenggalek Cabuli 34 Santriwati Pakai Dalil Ini

Seorang ustaz di Trenggalek cabuli 34 santriwati dengan dalil murid harus menurut kepada guru.