Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama Ada di Jakarta, Bentuk Kolaborasi Pusat dan Daerah
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Sebagai salah satu upaya percepatan, pemerintah puast dan provinsi DKI Jakarta membuat Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama di Jakarta.

Beroperasi sejak Senin, 8 maret 2021, Sentra Vaksinasi Covid-19 memberi daya dukung demi lancarnya proses vaksinasi. Sentra ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) selaku holding BUMN Kesehatan.

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia Sehat sesegera mungkin. “Dalam kondisi seperti ini, kolaborasi dan sinergi antara lembaga pemerintah dan daerah harus berjalan cepat dan strategis. Ini momen krusial agar kita semua bisa mempercepat program Indonesia Sehat demi mendukung Indonesia Bekerja," ujar dia dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Cerita Pedagang Kuliner di Madiun Menyiasati Cabai Rawit yang Harganya Selangit

Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama ini, lanjut Erick, akan memudahkan akses publik serta mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi program pemerintah. Tak hanya di Jakarta, sentra ini juga akan dibangun di berbagai daerah di Indonesia.

“Ke depannya Sentra Vaksinasi Bersama Covid-19 akan hadir di kota-kota lain yang butuh percepatan. Data peserta akan diperoleh melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, dan peserta umum yang berbasis komunitas.” jelas Erick Thohir.

Baca Juga: Paket Lengkap UMKM Virtual Expo 2021, Peserta Dapat 8 Pelatihan Sekaligus

Saling Bersinergi

Koordinator PMO Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Arya Sinulingga menjelaskan Kementerian BUMN dan BUMN telah mengambil peran penting dalam penanganan Covid-19 dan program vaksinasi Covid-19 nasional .

"Perusahaan-perusahaan BUMN sejak Covid-19 merebak sudah saling bersinergi dan kolaborasi untuk mengatasi pandemi," terang Arya.

Baca Juga: Pacuan Kuda Nyi Ageng Serang Sragen Ternyata Bukan Lagi Milik Pemkab, Lah Kok?

Dalam program vaksinasi nasional Covid-19, Kementerian BUMN menjadi lokomotif. Mulai pengadaan vaksin dilakukan Bio Farma selaku ujung tombak holding BUMN farmasi. Kemudian, holding BUMN Kesehatan, Indonesia Healthcare Corporation berperan aktif dalam memberi daya
dukung melalui perannya mengimplementasikan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama.

Baca Juga: Suka Dilakukan Gibran, Apa Makna Pakai Jam Tangan di Sebelah Kiri?



Berita Terkini Lainnya








Kolom