SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo saat menghadiri Kongres Pancasila IX dii Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM) di Jalan Persatuan, Sleman, Sabtu (22/7/2017). (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Presiden Jokowi menyentil banyaknya lulusan IPB yang bekerja di luar pertanian, termasuk yang kini mengisi jajaran direksi bank BUMN.

Solopos.com, BOGOR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil fenomena banyaknya mahasiswa Intitut Pertanian Bogor (IPB) yang banyak bekerja di perbankan. Sindiran tersebut terlontar ketika Presiden memberi arahan dalam Sidang Terbuka IPB dalam rangka Dies Natalis Ke-54 IPB di Bogor, Rabu (6/9/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mahasiswa IPB banyak yang kerja di bank. Saya cek direksi-direksi perbankan BUMN itu yang banyak dari IPB, manajer tengah yang banyak berasal dari IPB. Terus yang mau jadi petani siapa?” kata Jokowi yang disambut tawa hadirin.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski setengah bercanda, Jokowi juga menyesalkan hal tersebut. Pasalnya, dia menilai IPB memiliki kemampuan untuk mempersiapkan petani dalam persaingan global seperti penguatan industri beni, aplikasi industri, penggilingan, dan pengolahan.

Dia menyebutkan, IPB sebagai penghasil ahli pertanian itulah yang nantinya akan terjun ke masyarakat dan bisa membawa pertanian menjadi moderen. Untuk itu, dia mengimbau mahasiswa IPB untuk mau terjun ke sawah dan pertanian.

“Maaf, Pak Rektor. Tapi itu pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa mahasiswa. Harus saya sampaikan apa adanya karena itu data yang saya peroleh.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya