SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com) – Sebanyak 1.200 petugas direkrut Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri untuk melakukan pendataan atau sensus sapi dan kerbau yang akan dimulai secara nasional, 1 Juni 2011 mendatang. Para calon petugas pendata itu, Selasa (24/5), mulai mengikuti pelatihan pembekalan di Solo.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh Espos dari Bidang Peternakan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, populasi sapi di Wonogiri saat ini sekitar 160.000 ekor. Sedangkan populasi kerbau mencapai 15.000 ekor. Paling banyak sapi berada di Kecamatan Pracimantoro sekitar 17.000 ekor, Eromoko sekitar 14.000 ekor dan Batuwarno sekitar 12.700 ekor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BPS Wonogiri, Rahmadi Agus Santosa, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/5) mengungkapkan sensus sapi dan kerbau itu merupakan program Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Kementerian Pertanian. Tujuannya, untuk mendapatkan data rumah tangga pemelihara ternak dan mendapatkan data jumlah ternak sapi (potong dan perah) serta kerbau, guna mewujudkan program swasembada daging pada 2014.

“Anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan ini di Wonogiri mencapai sekitar Rp 1,7 miliar,” jelas Agus. Jumlah petugas pendata itu, kata Agus, merupakan terbanyak kedua di Jateng setelah Blora yang mencapai 1.300 petugas. Proses pendataan efektif dilakukan 2-30 Juni karena telah disepakati yang didata adalah posisi tanggal 1 Juni. Jadi meskipun pemelihara sapi atau kerbau didatangi petugas pada 20 Juni, tetap yang ditanyakan adalah kondisi pada 1 Juni.

Terpisah, Kabid Peternakan Disnakperla Wonogiri, Gatot Siswoyo, saat dihubungi Espos, kemarin mengatakan sebanyak 25 petugas yang tersebar di masing-masing kecamatan bakal dilibatkan dalam kegiatan sensus itu. Kemarin, mereka sudah mulai mengikuti pelatihan di Solo.
“Prinsipnya kami sudah siap mem-back upsensus sapi dan kerbau ini. Kami juga sudah membentuk satuan tugas untuk ikut menyukseskan sensus ini agar bisa mewujudkan swasembada daging pada 2014,” kata Gatot.

Gatot menambahkan di Wonogiri saat ini ada sekitar 160.000 ekor sapi yang tersebar di 25 kecamatan. Paling banyak di Pracimantoro, 17.000 ekor dan paling sedikit di Girimarto, 2.300 ekor.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya