SOLOPOS.COM - Logo Sensus Ekonomi 2016. (bandungkota.bps.go.id)

Sensus Ekonomi 2016 di Madiun juga melibatkan tentara untuk petugas sensus.

Madiunpos.com, MADIUN — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), merekrut seorang tentara untuk menjadi petugas khusus guna melakukan Sensus Ekonomi (SE) 2016 di Kompleks Asrama Batalyon Yonif Linud 501 Bajra Yudha Madiun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BPS Kota Madiun, Hadi Santoso, mengatakan seorang prajurit yang dilibatkan sebagai petugas sensus itu terpilih dari personel 501/BY Madiun. “Petugas khusus dari unsur TNI tersebut tidak melalui tahapan seleksi tulis maupun wawancara, tetapi langsung mengikuti tahap pelatihan agar bisa menjalankan tugas dengan baik saat Sensus Ekonomi,” ujar Hadi Santoso kepada wartawan di Madiun, Selasa (23/2/2016).

Menurut dia, perekrutan satu petugas khusus Sensus Ekonomi 2016 dari Batalyon Yonif Linud 501 Madiun itu merupakan arahan BPS pusat. Hal itu mengingat warga sipil tidak bisa leluasa masuk dan keluar di kompleks asrama prajurit TNI.

“Kemarin kami sudah berkoordinasi dengan pihak 501. Sebab, kompleks asrama TNI tentunya tidak asal orang diperbolehkan masuk. Hasilnya akan ada satu anggota yang melakukan sensus di kompleks tersebut,” kata dia.

Ia menjelaskan, selain di kompleks asrama 501/BY, BPS Kota Madiun juga menyiapkan petugas khusus untuk melakukan Sensus Ekonomi 2016 di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Madiun. Karena itu, petugas khusus tersebut diminta melakukan pendekatan terhadap warga binaan dengan pendampingan petugas LP.

Hal itu bertujuan agar sensus dapat berjalan lancar.  “Nantinya pencacahan di Lapas Madiun diperuntukkan bagi seluruh warga binaan, baik berasal dari dalam maupun luar kota. Hal itu karena yang bersangkutan tinggal di Kota Madiun,” kata Hadi.

Data BPS Kota Madiun mencatat, jumlah pendaftar petugas Sensus Ekonomi 2016 di wilayahnya mencapai 779 orang.  Sementara itu, petugas yang dibutuhkan hanya berjumlah 394 orang, yang terdiri atas 295 orang pencacah lapangan (PCL) dan 99 orang pengawas/pemeriksa lapangan (PML).

Pengumuman hasil pendaftaran petugas sensus akan dilaksanakan pada 29 Februari 2016 mendatang. Sedangkan Sensus Ekonomi 2016 sesuai jadwal bakal dilaksanakan pada bulan Mei 2016 mendatang.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya