SOLOPOS.COM - Jemaah salat Jumat berjubel di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (3/6/2016). Ribuan warga langsung memadati masjid saat salat Jumat perdana, Jumat (3/6/2016). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Masjid Agung Klaten mulai menggelar jumatan perdana hari ini. Ribuan orang disuguhi kemegahan masjid bernilai Rp65 miliar itu.

Solopos.com, KLATEN — Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (3/6/2016) siang, akhirnya menggelar jumatan pertama. Ribuan warga berbondong-bondong untuk merasakan salat Jumat perdana di masjid yang dibangun dengan APBD Klaten senilai Rp65 miliar itu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tak ketinggalan, Bupati Klaten, Sri Hartini beserta jajaran musyawarah pimpinan daerah (muspida) dan pegawai negeri sipil (PNS) Klaten turut Jumatan perdana di masjid yang berlokasi di Jonggrangan, Klaten Utara tersebut.

Saat suara azan berkumandang dari pengeras suara masjid, jemaah salat Jumat semakin berjubel. Jemaah yang selesai mengambil air wudu di kompleks masjid bergegas masuk ke masjid dengan III lantai itu. Di situlah, mereka mulai disuguhi kemegahan interior dan fasilitas yang tak ditemukan di masjid lain di Soloraya.

Ekspedisi Mudik 2024

Sewaktu melintasi pintu masjid, jemaah disuguhi pintu besi berukuran raksasa dengan ukiran huruf arab berwarna kuning emas. Di lantai I ini, bangunan masjid dilengkapi ruang transit, kantor takmir, beberapa kamar mandi, lift, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, jemaah harus menapaki puluhan anak tangga menuju lantai II. Laki-laki berada di saf di depan. Sedangkan jemaah wanita berada di saf belakang. Beberapa jemaah laki-laki juga mengikuti salat Jumat di lantai III.

Saat menginjakkan kaki di lantai II, jemaah melihat puluhan pilar yang berdiri megah sebagai penyangga bangunan masjid. Pencahayaan di bagian tengah masjid lebih terang dibandingkan sudut masjid. Hal itu disebabkan di tengah masjid terdapat kubah berukuran raksasa yang dilengkapi beberapa ventilasi.

Sinar matahari mampu menerangi lantai masjid melalui ventilasi tersebut. Kubah utama itu dilengkapi dengan kaligrafi bertuliskan Allah SWT di bagian tengahnya. Di sisi sisi kanan tangga lantai II, terdapat bedug masjid.

Saat pemandangan menuju ke arah depan di lantai II, jemaah disuguhi pemandangan ornamen mihrab yang unik nan menarik. Mihrab yang memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter tersebut dilengkapi tulisan arab Al-Fatihah dan Al-Isra’ berwarna kuning emas. Di bagian cungkup mihrab, tertera tulisan Al-Aqsha yang menandakan nama masjid seluas 5.266 meter persegi tersebut.

Di bagian kanan mihrab terdapat tulisan “Allah SWT” dan di bagian kiri mihrab terdapat tulisan Muhammad SAW. Di sebelah kanan lokasi imam, terdapat mimbar dari kayu setinggi kurang lebih 2 meter. Di sisi kiri imam, terdapat jam dinding.

“Wah, kok wis akeh timen sing ameh salat. Malah koyo salat ning Mekkah,” teriak salah seorang jemaah lelaki saat masuk ke Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat.

Jemaah lainnya, Ahmad Mahyudin, 20, warga Gading Sawahan, Belang Wetan, Klaten Utara, mengaku antusias mengikuti salat Jumat di masjid agung. Selain salat Jumat, pria bersarung itu juga ingin melihat bangunan masjid dan interior masjid.

“Jarak rumah saya ke masjid ini sekitar 2 kilometer. Saya memang sudah penasaran dengan masjid ini sejak lama. Begitu mendengar sudah difungsikan, akhirnya ke sini. Bangunannya memang bagus. Yang paling menakjubkan bagi saya, ornamen di mihrab yang dihiasai tulisan arab dan cat warna kuning emas,” katanya saat ditemui Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya