Sensasi Melaju di Citywalk Solo dengan Skuter Listrik, Segini Tarif Sewanya
Warga mengendarai skuter listrik di citywalk Jl. Slamet Riyadi, Solo, Senin (8/3/2021). Layanan penyewaan skuter listrik Grab Wheels diuji coba dengan tarif promo Rp10.000 per 30 menit sebagai sarana transportasi jarak dekat dan mendukung wisata kota. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO - Layanan penyewaan skuter listrik Grab Wheels hadir dan sedang diuji coba penggunaannya di kawasan citywalk Jl Slamet Riyadi, Solo, sejak Jumat (5/3/2021). Layanan skuter listrik menyasar warga yang melakukan perjalanan jarak dekat serta wisatawan.

Terdapat dua selter untuk menjajal layanan skuter listrik yaitu di utara Sami Luwes dan Solo Grand Mall. Solopos.com sempat menjajal layanan skuter listrik di Solo Grand Mall, Senin siang. Belasan skuter terparkir karena belum banyak warga yang mencoba layanan tersebut.

Sejumlah anak muda yang melintasi citywalk menanyakan layanan Grab Wheels tapi mereka belum menjajal karena layanan bisa diakses hanya dengan aplikasi Grab. Bagi mereka yang memiliki aplikasi Grab dengan saldo minimal Rp10.000, bisa menjajal dibantu petugas.

Baca Juga: Naik Tipis! Daftar Harga Emas Antam Hari Ini (8/3/2021) di Pegadaian

Petugas mengarahkan pengguna untuk membuka aplikasi, masuk ke menu lainnya, dan memilih layanan eScooter. Pengguna memindai barcode yang berada di setang atau kemudi. Aplikasi telepon seluler menampilkan rute, durasi, pilihan akhiri trip dan memarkir. Petugas menyerahkan helm bagi pengguna.

Untuk menjalankan skuter, pengguna harus memancal satu sampai tiga kali skuter listrik supaya berjalan. Lalu menekan tombol di sisi kanan dengan jembol. Skuter listrik dilengkapi fitur penunjang, seperti lampu, indikator baterai, kecepatan, rem di hendel kiri, dan bel di setang bagian kiri. Kecepatan maksimalnya 15 kilometer per jam.

Pengalaman melintasi jalur citywalk dengan skuter listrik bergelombang. Jangan coba-coba melepas satu tangan bila tak ingin jatuh. Unit skuter memiliki kelebihan di antaranya, tahan terhadap cuaca. Ini terbukti saat petugas tidak melindungi skuter dari guyuran hujan.

Salah satu pengguna layanan, Pavita, 21, antusias menjajal layanan Grab Wheels dengan rute Gendengan-utara Stadion Sriwedari kemarin siang. Pengalaman pertama sempat kaget karena jalan bergelombang “Manuvernya belum seimbang. Jalannya bergelombang. Mungkin lebih enak di jalan yang datar,” kata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebut.

Perbaikan

Pengguna lain, Wisnu, 23, sering mengunjungi pertokoan di kawasan Jl. Slamet Riyadi. Menurut dia layanan baru dapat menujung transportasi umum di Solo namun dia berharap adanya perbaikan sistem sehingga proses scan bisa lebih responsif.

Koordinator Grab Wheels Solo, Ardy Kurniawan, menjelaskan uji coba tahap pertama dilakukan Desember untuk mengenalkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Uji coba kedua menyasar warga dengan promo Rp10.000 dengan durasi 30 menit yang berlaku hingga Minggu (14/3/2021).

“Layanan di Kota Solo ini nantinya selain untuk sarana transportasi jarak dekat, dimungkinkan untuk daya tarik wisata kota. Mendukung pariwisata seperti museum,” kata dia.

Baca Juga: Solskjaer Puji Anthony Martial Seusai MU Menangi Derbi Manchester

Menurut Ardy, upaya untuk meminimalkan risiko kecelakaan dilakukan dengan syarat bagi pengguna minimal 18 tahun, berat badan maksimal 100 kilogram, dan memakai helm. Layanan hanya bisa diakses pada rute citywalk karena bila pengguna keluar dari area citywalk, skuter tidak bisa melaju atau skuter dalam keadaan mati.

“Kami berencana untuk meresmikan pada pertengahan Maret atau akhir Maret dengan rute Gladak-Flyover Purwosari. Nanti ada tambahan unit dan selter skuter,” bebernya.



Berita Terkini Lainnya








Kolom