SENSASI KIM JONG UN : Korut Luncurkan Rudal dari Kapal Selam, AS Tuding Rekayasa

SENSASI KIM JONG UN : Korut Luncurkan Rudal dari Kapal Selam, AS Tuding Rekayasa

SOLOPOS.COM - Kim Jong Un menunjuk ke arah rudal yang ditembakkan kapal selam. (KCNA.kp)

Sensasi Kim Jong Un kembali muncul lewat foto peluncuran rudal dari kapal selam.

Solopos.com, SOLO -- Kim Jong Un mengaku negara yang ia pimpin, Korea Utara (Korut) telah berhasil menciptakan rudal yang dapat ditembakkan dari kapal selam. Namun hal itu rupanya dibantah oleh Amerika Serikat (AS).

Kantor berita Korut, KCNA, Sabtu (9/5/2015) memberitakan Kim Jong Un menghadiri pelaksanaan uji tembak rudal balistik di salah satu kawasan perairan Korut. Sebagai bukti, Kim juga menyempatkan diri untuk berfoto sambil menunjuk ke arah rudal yang muncul dari dalam laut.

Foto itu rupanya membuat Korea Selatan (Korsel) “gemetar”. Kim Min Seok, juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel mendesak supaya Korut menghentikan proyek yang disebut sebagai Submarine Launched Ballistic Missiles (SLBM) itu. Korsel menganggap proyek itu menggangu stabilitas di wilayah perairan perbatasan.

Namun kabar terbaru yang dilansir laman BBC, Selasa (11/5/2015), menyebutkan pakar teknologi senjata Jerman, Markus Schiller dan Robert Schmucker menyatakan foto itu adalah hasil rekayasa. Markus dan Robert menyebut rudal itu bukan diluncurkan dari kapal selam melainkan dari peluncur (rocket laucher) khusus yang dipasang di kapal tongkang yang memiliki permukaan datar yang luas.

Pernyataan itu juga diamini oleh Laksamana Angkatan Laut (Navy) AS, James Winnefeld. Menurutnya, foto Kim Jong Un itu adalah hasil modifikasi yang sangat apik. Namun setelah diteliti, James menyimpulkan bayangan pancaran api yang muncul dari pangkal rudal tidak sesuai dengan arah tembak rudal tersebut.

Aksi Kim Jong Un yang terkesan menebar ketegangan dengan negara-negara lain bukanlah hal baru. Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Kim sempat berpidato dengan isi pidato yang menyerukan peperangan dengan AS dan Korsel.

Pidato itu dilakukan Kim bertepatan dengan kegiatan latihan tempur bersama antara Angkatan Laut Korut dengan Navy AS Maret 2015 silam. Latihan yang melibatkan 200.000 tentara Korsel dan 3.700 tentara AS itu dianggap Kim sebagai bentuk latihan untuk menyerang Korut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jangan Sembrono Makan! 5 Penyakit Ini Rentan Muncul Pasca Lebaran

Inilah lima penyakit yang rentan muncul pasca Lebaran karena konsumsi makanan yang tak terkontrol saat Hari Raya Idulfitri.

Libur Lebaran 2021, Ini Jasa Pengiriman yang Tetap Beroperasi

Meski masa libur lebaran, beberapa ekspedisi pengiriman barang diantaranya Pos Indonesia dan JNE tetap beroperasi.

Mercedes Benz Siapkan Van Listrik EQT Concept

Mercedes-Benz memperkenalkan van listrik untuk keluarga meskipun masih dalam bentuk konsep.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?

Geger Warga India Positif Covid-19, Kantor Imigrasi Pastikan Tidak Ada Penambahan WNA di Soloraya

137 Orang WNA India berada di kawasan Soloraya, rata-rata mereka bekerja sebagai ahli di bidang tertentu misalnya garmen.

Polres Bantul Masih Kesulitan Melacak Keberadaan R Terkait Kasus Satai Beracun

Polres Bantul belum mampu mengungkap keberadaan R terkait kasus satai beracun. Polisi kesulitan melacak karena handphone R mati.

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.