SOLOPOS.COM - Internet

Jakarta— Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa memastikan adanya pembahasan pos mana saja yang akan disesuaikan kenaikan tarif dasar listrik dengan DPR pada Senin mendatang.

“Itulah yang akan dibicarakan pada hari Senin antara pemerintah dengan komisi VII DPR,” ujarnya usai peresmian Gedung Dakwah dan Kantor Pimpinan Pusat Persatuan Islam di Bandung, Jawa Barat. Sabtu (5/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Hatta, kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dalam anggaran penerimaan dan belanja negara 2010 sudah diputuskan ada penyesuaian 10 persen. Hanya saja, besaran pos-pos mana saja yang perlu disesuaikan masih akan dibicarakan dengan DPR.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemerintah, kata Hatta tetap akan memberikan subsidi pada masyarakat terutama pada masyarakat yang kurang mampu.”Negara tetap wajib memberikan subsidi kepada masyarakat kita yang tidak mampu. Tapi, kita harus pastikan subsidi itu tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.”

Ia menegaskan, penyesuaian tarif yang baru akan tetap melihat pada masyarakat kecil. Sekitar Rp 55,1 triliun atau 53 persen subsidi listrik jatuh kepada yang tidak berhak.”Ini harus kita rubah, subsidi wajib diberikan pada yang tidak mampu, dan dengan penyesuaian tarif TDL negara menghemat Rp 6 triliun sampai Rp 7 triliun,” katanya.

tempointeraktif/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya