Senin Ini, Jokowi Resmikan Pasar Johar & Ke Kota Lama Semarang
Presiden Jokowi. (Istimewa/Youtube)

Solopos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Pasar Johar Heritage di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (30/12/2019).

Rencana kedatangan Jokowi itu disampaikan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Minggu (29/12/2019). Wali kota yang akrab disapa Hendi itu menyebut jika proses revitalisasi Pasar Johar Heritage telah selesai.

Pasar yang juga merupakan bangunan cagar budaya itu diperkirakan mampu menampung sekitar 1.500 pedagang. Hendi mengatakan peresmian Pasar Johar Heritage tersebut memang akan dilakukan Presiden Jokowi karena pembiayaan bangunan cagar budaya tersebut menggunakan dana APBN.

Hendi mengatakan setelah selesai dibangun, Pasar Johar Heritage masih memiliki satu persoalan yang belum tuntas. Persoalan itu terkait relokasi pedagang yang saat ini berada di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

“Pasca-kebakaran [2015] konstruksinya enggak seperti dulu, sehingga kapasitas pedagang enggak semua bisa tertampung. Sekarang pertanyaannya apakah menunggu semua pindah? Atau yang 60% pindah dulu dan sisanya nanti?” ujar Hendi, Minggu.

Menurut Hendi, pedagang Pasar Johar yang sekarang menempati kawasan MAJT, memiliki dua pilihan. Pilihan pertama mereka pindah secara serentak atau opsi kedua menggunakan sistem undian, di mana pedagang yang belum mendapat tempat nantinya menunggu pembangunan blok pasar baru.

“Jadi saya tinggal mengambil kesepakatan para pedagang, 40% akan dibangunkan lagi dekat sini [Pasar Johar Heritage],” imbuh Hendi.

Sementara itu, selain akan meresmikan Pasar Johar Heritage, Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke kawasan Kota Lama Semarang.

“Beliau [Presiden Jokowi] akan mengunjungi Kota Lama. Presiden mendengar kabar Kota Lama ramai dikunjungi masyarakat, maka beliau ingin melihat,” imbuh Hendi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho