SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com)--Teka-teki kapan pelantikan Direktur baru PDAM Giri Tirta Sari, Wonogiri, terjawab setelah Bupati Wonogiri, menegaskan, Senin pekan depan dirinya akan melantiknya.

Pernyataan Bupati, H Danar Rahmanto itu disampaikan saat ditemui Espos seusai laga voli di pendapa rumah dinasnya, Jumat (16/9/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Senin (Direktur PDAM) dilantik,” ujarnya.

Dia berharap, siapa pun yang terpilih menjadi Direktur PDAM agar lebih siap melakukan penyehatan di tubuh satu-satunya perusahaan air minum di Kota Gaplek. “Fungsi pelayanan hendaknya ditingkatkan.”

Lebih lanjut Bupati mengatakan, izin dari Gubernur telah turun sehingga dirinya berani melantik. Bagaimana dengan penurunan eselon seorang pejabat Pemkab, Bupati mengatakan, PDAM merupakan perusahaan daerah yang tidak memiliki mekanisme jenjang seperti PNS. Dia mengatakan setiap orang boleh menilai namun harus disadari penilaian seseorang adalah subjektif.

“Kami mengedepankan profesionalisme. Penunjukkan Direktur baru (PDAM) tidak ada transaksional, politis dan sebagainya. Penunjukkan direktur baru sudah sesuai mekanisme.”

Pada bagian lain, Bupati menyatakan, direktur lama PDAM akan dikembalikan ke dunia pendidikan. “Soal jabatan, silakan tanya Baperjakat. Kami memberi apresiasi terhadap Pak Sumadi, Direktur lama PDAM yang telah mampu membawa PDAM Wonogiri menjadi salah satu Perusda Wonogiri yang berpredikat wajar tanpa perkecualian (WTP) dan memiliki aset cukup besar. Mudah-mudahan, direktur baru lebih mampu meningkatkan prestasi itu.”

Diberitakan sebelumnya, Bupati Wonogiri, menunjuk Suharno sebagai Direktur PDAM Giri Tirta Sari, Wonogiri menggantikan Sumadi. Penunjukan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) itu dilakukan sejak 26 Agustus lalu sedangkan posisi Kepala Dinsos dirangkap oleh asisten bidang pemerintahan Pemkab Wonogiri, Edi Sutopo.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemkab Wonogiri, Sumarjo saat ditemui Espos, Minggu (28/8/2011) dinihari di sela-sela mengikuti Bupati Sidak arus mudik di Terminal Giri Adipura, Wonogiri. SK Direktur baru berlaku per 26 Agustus lalu sedangkan posisi Sumadi sementara masih menjadi staf di bagian perekonomian.

Wakil Ketua DPRD Wonogiri, Tinggeng meminta Bupati segera mengambil langkah cepat dan bijak terkait pergantian direktur PDAM Wonogiri. Politisi Partai Demokrat itu berharap, pengisian direktur tidak terjebak dengan kepentingan pragmatis dan politis. “Direktur PDAM harus orang profesional. Bupati harus berani melakukan evaluasi, tanpa harus menunggu periode masa jabatan habis. Kalau sekiranya tidak profesional harus diganti.”

(tus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya