SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Dunia kesenian Jogja kembali dirundung duka. Seniman ketoprak Winarno Dewobroto menghembuskan nafas terakhir diusia 69 tahun akibat kecelakaan yang menimpanya. Pria asal Gunungkidul yang akrab disapa Pak Win itu meninggal di RS Bethesda Jogja, Rabu (3/8) sekitar pukul 20.44 WIB.

Sebelumnya ia sempat dirawat beberapa jam usai ditabrak seorang pengendara sepeda motor saat menyeberang jalan di Jalan Taman Bhakti, Jeruksari, Rabu (3/8) siang tak jauh dari kediamanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jenazah seniman ketoprak yang pernah membangun kejayaan kesenian Gunungkidul itu tiba di rumah duka di Jalan Taman Bhakti, Dusun Jeruksari RT9/23 Desa Wonosari, Kamis (4/8) pukul 00.30 WIB. Tirakat jenazah langsung digelar keluarga dengan kelompok doa lingkungan yang dipimpin pendeta Dwi Wahyu Prasetyo dari GKJ Wonosari. Almarhum dimakamkan hari ini.

Almarhum yang pernah menjabat camat Panggang ini meninggalkan empat orang putri. Dua putrinya bernama Diah Asti Nawangsari dan Windari Nari Ratih dari pernikahannya dengan istri pertama Sri Subowati dan dua buah hatinya lagi dari pernikahan kedua dengan Kentarsih (almarhumah) masing-masing bernama Puri Candra Dewi dan Indriasari Kristanti. Dari empat putrinya tersebut, pemeran tokoh Aryo Seloko dalam ketoprak lakon Mahesa Jenar ini meninggalkan tujuh cucu.

Di kalangan masyarakat dan pejabat, Pak Win lebih dikenal sebagai sosok seniman tradisional. Meskipun berstatus PNS di lingkungan Pemkab Gunungkidul, ia dikenal sebagai sosok yang cukup gigih dalam membangun berbagai kelompok kesenian tradisional. Salah satunya, di era tahun 1980 bersama ketoprak Mandorososro dan Srika Loka. Ia juga turut memajukan kelompok karawitan Madyo Laras dan campursari Condro Laras. Selamat jalan Pak Win…!!(Harian Jogja/Endro Guntoro)

Foto: Pak Win (Harian Jogja/Endro Guntoro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya