SOLOPOS.COM - Penggiat seni tarian lokal di kecamatan Andong dan sekitarnya melakukan aksi galang dana untuk korban gempa di Cianjur, pada Selasa (6/12/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI —Sejumlah penggiat seni tari lokal di Kecamatan Andong dan sekitarnya melakukan aksi galang dana untuk korban gempa di Cianjur, Selasa (6/12/2022).

Aksi tersebut dilakukan di lapangan Ampera Andong menghadap jalan raya, seniman menampilkan tarian lokal diiringi suara musik hingga ke tepi jalan raya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Masyarakat sekitar ikut berkumpul untuk melihat penampilan para seniman, mereka juga turut mendonasikan sebagian hartanya. Aksi yang digelar tambah meriah dengan sound menggelegar dan panggung besar yang dipasang.

Koordinator aksi, Bagus Muhammad Muchsin, berterima kasih kepada para sukarelawan yang terlibat dalam aksi, di antaranya para seniman, mahasiswa, pemerintah Desa Mojo, ormas lokal di Andong, Assosiasi Pengusaha Sound Indonesia (APSI), serta Garda Relawan Indonesia Semesta (Garis) sebagai leadernya.

“Aksi kemanusiaan untuk saudara kami yang mengalami kendala alam yang tidak dikehendaki. Hati nurani kami terketuk untuk penggalangan dana supaya bisa menyalurkan bantuan kepada saudara kami yang terkena bencana,” ucapnya saat ditemui disela-sela aksi, pada Selasa (6/7/2022).

Baca Juga: Solid! Buruh Pabrik di Banyudono Boyolali Galang Dana bagi Korban Gempa Cianjur

Bagus mengungkapkan puluhan seniman ikut andil dalam aksi ini tanpa dibayar atau sukarela. Selain menggalang dana, para seniman juga ingin mengenalkan budaya-budaya kesenian yang beragam di Boyolali Utara.

“Mereka pengen menampilkan budaya-budaya yang ada di Boyolali Utara. Untuk mengetuk hati nurani warga masyarakat kami untuk selalu bersilaturahmi kepada warga yang terkena bencana,” kata dia.

Penggalangan dana tersebut dilakukan di beberapa kecamatan, seperti kantor kecamatan, kantor desa, tepi jalan raya, toko-toko, dan sejumlah pengusaha besar lainnya. Selain Andong, penggalangan dana juga menjangkau Kecamatan Wonosegoro, Wonosamodro, Klego, Karanggede, Kemusu, dan Juwangi.

Dana yang terkumpul, kata Bagus, hampir mencapai Rp25 juta. Dana tersebut akan disalurkan dalam bentuk barang bagi para korban gempa.

Baca Juga: Masyarakat Kartasura Sukoharjo Kirim Bantuan dan 8 Personel ke Cianjur

“Donasi barang dan langsung kami salurkan ke Cianjur, seperti sembako dan semua peralatan yang dibutuhkan di lokasi bencana,” jelasnya.

Salah satu warga yang berdonasi, Muhammad Wisnu Nur Rahmadani, sejak pagi ikut menyaksikan rangkaian aksi yang digelar para panitia. Wisnu mengaku sangat mendukung aksi tersebut bersama warga masyarakat lain.

“Kami sangat mendukung aksi ini, kami bisa berpartisipasi untuk membantu saudara-saudara kami yang terkena musinah bencana Cianjur,” ucap dia saat ditemui di lokasi aksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya