SOLOPOS.COM - Siswa SD Kanisius Kenteng Kulonprogo menabuh kentongan sebagai bagian dari alat musik tradisional pada acara Gelar Budaya Anak-Anak Kanisius Jogja di Kompleks Kanisius, Jumat (5/7/2013). (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)


Siswa SD Kanisius Kenteng Kulonprogo menabuh kentongan sebagai bagian dari alat musik tradisional pada acara Gelar Budaya Anak-Anak Kanisius Jogja di Kompleks Kanisius, Jumat (5/7/2013). (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Harianjogja.com,JOGJA—Pameran Foto dan Gelar Budaya Anak-Anak Kanisius Jogja menjadi bukti upaya pelestarian kebudayaan lokal oleh anak-anak peserta didik di Sekolah Kanisius.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Puluhan jenis kesenian ditampilkan oleh siswa sekolah Kanisius yang terdiri 29 TK, 45 SD dam enam SMP, tersebar di seluruh kabupaten dan kota di DIY. Setiap lembaga pendidikan itu mengirimkan kelompok keseniannya, seperti karawitan, tari daerah, jatilan, dolanan anak, campur sari dan menyanyi.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua Panitia Pameran Foto dan Gelar Budaya Anak-Anak Kanisius Jogja, Yohanes Haryanto mengungkapkan sekolah-sekolah Kanisius didorong untuk mengambangkan seni dan kreativitas lain sesuai potensi lokal lingkungan sekolah tersebut.

“Kegiatan ini masuk dalam pelajaran muatan lokal,” katanya, Jumat (5/7/2013).

Hasil pengembangan seni dan kerajinan ini ditampilkan dalam gelar budaya yang diselenggarakan selama tiga hari hingga Minggu (7/7/2013). Sepanjang acara juga dipamerkan foto-foto kegiatan pendidikan di sekolah Kanisius yang diambil oleh fotografer Eric Suwandi.

Haryanto mengungkapkan, gelar budaya ini dimaksudkan untuk melestarikan kesenian tradisional sebagai bagian dari kebudayaan, agar tidak hilang.

“Selain itu, juga mendekatkan diri antar peserta didik dan pendidik di lingkungan Kanisius,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya