SOLOPOS.COM - Logo UMY

Pertunjukan tari yang dihadirkan berupa tarian klasik gaya Jogja dengan fragmen Durga Ruwat.

Harianjogja.com, JOGJA – Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Sentaka Mudya melakukan pertunjukan tari di SIAS International University, Xinzheng, Provinsi Henan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Tarian tersebut ditampilkan pada puncak Asian Culture, yang termasuk dalam rangkaian acara International Culture Week, tampil dipanggung dihadapan kurang lebih 1.000 penonton,” ujar Dosen Pembimbing UMY Sri Sudarsi di Kampus UMY seperti dikutip Antara, Senin (7/11/2016).

Ia mengatakan, pertunjukan tari yang dihadirkan berupa tarian klasik gaya Jogja dengan fragmen Durga Ruwat.

Dalam International Culture Week 2016 ini, Sri menyebutkan ada sekitar 20 negara yang diwakili mahasiswa yang berpartisipasi dengan beragam pertunjukan seni budaya, fashion show pakaian tradisional, dan makanan khas negara masing-masing.

Di samping tim tari, empat mahasiswa UMY bersama dengan universitas lain dari Indonesia yang saat ini mendapat beasiswa belajar di SIAS juga menampilkan tarian, makanan khas dan baju-baju adat.

“Secara khusus UMY diundang oleh SIAS University karena kedua institusi telah menjalin kerjasama kemitraan dengan sangat baik selama beberapa tahun terakhir ini,” jelas dia.

Ia menambahkan, salah satu program regular yang dijalankan adalah program pertukaran pelajar atau Students Exchange Program, dimana mahasiswa UMY mendapat kesempatan belajar di SIAS University selama satu tahun dengan program beasiswa.

“Sebaliknya, mahasiswa SIAS International University juga secara rutin mengirimkan mahasiswa mereka untuk belajar di UMY,” tutup Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya