SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BEIJING – China tidak akan menoleransi setiap pelanggaran kedaulatan, tegas Wakil Menteri Luar Negeri Zhang Zhijun, Selasa (25/9/2012), saat bertemu timpalannya dari Jepang, Chikao Kawai, di Beijing.

Kedunya berteny dalam upaya meredakan ketegangan kedua negara atas sengketa teritorial di di LautChina Timur. “Chinatidak akan menoleransi tindakan sepihak Jepang yang membahayakan kedaulatan teritorial Cina,” kata Zhang, menurut sebuah pernyataan yang dimuat situs Kementerian Luar NegeriChina.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jepang harus membuang ilusi, melakukan refleksi dan mengambil tindakan konkret untuk memperbaiki kesalahannya, kembali ke konsensus dan pemahaman yang dicapai antara kedua pemimpin negara,” lambut Zhang.

Zhang menyebut pembelian beberapa pulau di Laut China Timur oleh pemrintah Jepang merupakan langkah “yang menginjak-injak fakta-fakta sejarah dan yurisprudensi internasional”.

Hubungan China-Jepang memburuk dengan tajam bulan ini setelah Jepang membeli sekelompkk pulau bagian dari kepulauan tak berpenghuni yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China. Keputusan Jepang itu memicu protes anti-Jepang di Chinayang berpengaruh besar terhadap bisnis Jepang di negeri itu serta perekonomian kedua negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya