SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, mengatakan pihaknya telah siap membangun instalasi militer di sekitar Tanjung Datu, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pemerintah daerah setempat pun telah sepakat untuk menyediakan lahan pembangunan.

Dalam pertemuan antara TNI, Bupati Sambas, dan Gubernur Kalimantan Barat, Pemda Kalbar telah meminta TNI untuk mendirikan pangkalan militer di sekitar Tanjung Datu, Kalimantan Barat.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Sehingga persoalan-persoalan Tanjung Datu yang beberapa kali bermunculan itu karena memang di sana tidak ada military base, sehingga kami perlu menyetujui permintaan Pemda di sana, sesuai dengan kebutuhan tentunya,” jelas Moeldoko.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan, dalam perencanaan pembangunan, pihaknya telah mengajukan pembangunan Pangkalan TNI AL, dan memperpanjang landasan udara yang kini hanya ada sepanjang 750 meter menjadi 2.000 hingga 2.500 meter.

“Sehingga pesawat Hercules dan Boeing bisa mendarat di sana. Untuk TNI AD juga kita akan tinjau ulang, kita evaluasi ulang untuk perlunya didirikan military base di sana,” tambahnya.

Pembangunan pangkalan militer ini merupakan salah satu langkah untuk mengatasi permasalahan pelanggaran perbatasan yang beberapa kali terjadi di perairan Tanjung Datu.

Sebelumnya, pihak TNI, sebagai salah satu perwakilan Indonesia, telah mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari Malaysia untuk membahas pembangunan rambu suar yang dilakukan oleh kapal-kapal dari Malaysia di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Dari pertemuan tersebut, disepakati oleh kedua negara bahwa pembangunan rambu suar harus dihentikan. Kedua belah pihak juga akan melaksanakan joint verification untuk mengecek apakah rambu suar tersebut telah melanggar batas wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya