SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Lebih dari 3.000 warga China terpaksa dievakuasi dari Vietnam akibat kerusuhan yang dipicu oleh pertikaian soal kawasan pengeboran minyak lepas pantai di Laut China Selatan.

Pertikaian itu dipicu oleh penempatan sebuah pengeboran minyak perusahaan milik China senilai US$1 miliar di wilayah Laut China Selatan. Namun wilayah itu diklaim milik Hanoi. Amerika Serikat menilai kegiatan itu sebagai kegitan provokatif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertikaian itu merupakan yang terburuk di antara kedua negara komunis itu sejak terjadi perang perbatasan pada 1979. Evakuasi itu dilakukan setelah beberapa hari terjadi bentrok yang mulai menjalar ke perusahaan milik China.

Pelaku kerusuhan membakar dan merusak fasilitas perushaan seperti gerbang dan pagar bangunan selain memecahkan jendela perushaan milik China. Dua warga China dilaporkan tewas dan ratusan lainnya luka-luka, menurut kantor berita Xinhua sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (18/5/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya