SOLOPOS.COM - Blunder Kiper Korut (Mirror)

Kiper Timnas Korea Utara, Jang Paek-Ho, dihukum larangan bertanding satu tahun karena sengaja membuat blunder dan terlibat pengaturan skor.

Solopos.com, SOLO —  Kiper Timnas Korea Utara U-16, Jang Paek-Ho, dihukum larangan bertanding selama satu tahun oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) setelah sengaja membat blunder dalam turnamen sepak bola junior.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dikutip Solopos.com dari Mirror, Sabtu (5/11/2016), Jang Paek-Ho dituduh sengaja membuat blunder yang menyebabkan Korea Utara U-16 kalah 3-1 saat berhadapan dengan Uzbekistan U-16, September 2016 lalu.

Jang Paek-Ho diduga ikut terlibat pengaturan skor dengan sengaja melakukan blunder fatal. Dalam video Youtube, Jang sengaja membiarkan gawangnya kebobolan dari jarak jauh. Saat itu kiper Uzbekistan menendang bola cukup jauh mendekati pertahanan Korut.

Kiper Korut Jang Paek-Ho, keluar dari gawang sejauh 18 yard untuk menepis bola. Jang gagal menjangkau bola. Tapi Jang tetap berusaha mengejar dan terjatuh dua kali dan akhirnya bola itu masuk ke gawang.

Tindakan aneh kiper Korut itu membuat AFC menyelidinya dan akhirnya menjatuhkan hukuman. Manajer Korut, Yung Jong-su, juga dihukum, karena seperti sengaja memerintahkan timnya untuk sengaja kalah.

Korut kalah dengan skor 3-1 dari Uzbekistan diduga untuk menghindari Irak. Mereka lebih ingin bertemu Oman yang mudah dikalahkan. Akibat tindakan itu, Manajer Yung Jong-Su didenda £4.000 atau Rp58 juta dan Jang didenda £800 atau sekitar Rp11,7 juta dan badan sepak bola Korea Utara didenda £16.000 atau sekitar Rp234 juta.

Keputusan ini membut Jang Paek-Ho dilarang membela Korea Utara dalam gelaran Piala Dunia U-18 di India dan AFC juga mengancam Korut tidak akan diperbolehkan berlaga di AFC U-19 Championship 2018 bila lakukan kesalahan seperti itu lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya