SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Kisah tentang pendiri Kerajaan Tumapel, Ken Arok, bakal menjadi satu dari beragam hiburan yang bakal mengisi peringatan hari jadi Taman Balekambang ke 91.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sendratari Ken Arok bakal dimainkan di panggung terbuka Balekambang pada akhir Oktober 2012 dan dibawakan oleh kelompok tari dari Omah Budaya Indonesia (OBI).

Sendratari ini merupakan garapan khusus yang baru kali pertama di pentaskan di Balekambang. Sebelumnya, kisah yang diangkat dalam pergelaran seni tari di Balekambang biasanya tentang cerita Ramayana.

Sendratari Ken Arok merupakan pertunjukan tari yang diharapkan bisa memperkaya jenis pergelaran dan seni di Solo.  Seperti Sendratari Ramayana, dalam pergelaran itu, semua kisah tentang Ken Arok bakal ditampilkan secara detail. Mulai Ken Arok kecil hingga meninggal. Digarap dengan konsep tarian tradisional.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Balekambang, Endang Srimurniyati, Kamis (18/10/2012), menjelaskan, peringatan HUT Taman Balekambang yang dimulai 25-28 Oktober itu bakal dibuka dengan tarian seribu rusa dan musik perkusi.  Tarian seribu rusa melibatkan sejumlah murid sekolah dasar (SD) di Kota Solo dengan dikoordinasi oleh Sanggar Eka Santi.

“Tari seribu rusa itu mewakili Taman Balekambang yang memiliki ciri khas rusa,” tambahnya

Ditambah dengan berbagai pertunjukan seni lainnya, peringatan HUT Balekambang yang juga disemarakan dengan pasar seni dan budaya itu dipastikan akan memanjakan para pengunjung. Pasalnya, seni yang disuguhkan tak melulu tradisional. Namun, disisipi pula dengan seni modern.  Salah satunya ialah menghadirkan Costum Player (Cosplay) Japan di tengah-tengah aktivitas seni tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya