SOLOPOS.COM - Senator DPD RI asal Jawa Tengah, Dr. Abdul Kholik. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Senator DPD RI asal Jawa Tengah, Dr. Abdul Kholik, sangat memberi apresiasi kepada suporter Persis Solo yang mengadakan renungan dan doa bersama atas terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Aksi tersebut sangat simpatik dan dibutuhkan di tengah kondisi duka sepak bola Indonesia bahkan dunia.

”Peristiwa Kanjuruhan membuat semua orang merasa sangat sedih dan terpukul. Terlebih bagi pendukung Persis Solo yang juga sesama suporter sepakbola. Jadi selain bentuk solidaritas, juga hendaknya menjadi bahan perenungan dan pembelajaran bagi semua pihak. Terlebih bagi Persis Solo yang kini berada pada momentum bangkit dan menjadi salah satu peserta Liga I,” kata Kholik, di Jakarta, Senin (3/10/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com pada Rabu (5/10/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Senator DPD RI asal Jawa Tengah ini waktu terakhir terjadi ketegangan suporter dalam pertandingan Persis Solo dengan lawannya. Hal ini misalnya ketika terjadi Derbi Jateng, yakni pertandingan antara Persis Solo dan PSIS Semarang.

Baca Juga: Sesali Tragedi Kanjuruhan, Presiden: Audit Stadion Seluruh Indonesia

”Tragedi Kanjuruhan harus dijadikan momentum meluruskan fanatisme terhadap klub agar tidak membuat aksi permusuhan yang berpotensi terjadinya kekerasan. Suporter bola di Jawa Tengah harus bisa menjadi contoh bagi para suporter di daerah lain,” tegasnya.

Senator DPD RI asal Jawa Tengah ini menegaskan bahwa harus diakui fanatisme suporter merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam industri sepakbola. Tetapi harus juga dalam bingkai sportivitas dalam olah raga tersebut. Semua pihak juga harus memberikan andil terhadap iklim sepakbola yang sehat, yakni pengelola, pemerintah daerah, media massa, dan masyarakat.

Baca Juga: Ingin Tahu Akar Masalah Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi Datangi Para Korban

”Ke depan saya berharap insan sepakbola di Jawa Tengah dapat membuat suasana pertandingan sepakbola yang nyaman, enak dinikmati, dan menghibur. Akhirnya nanti semua orang dari anak-anak sampai orang tua datang ke stadion dengan penuh kegembiraan dalam mendukung klub kesayangan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya