SOLOPOS.COM - Minuman jamu di rest area Kodim 0726/Sukoharjo di Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (29/4/2022). (Magdalena Naviriana Putri/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kodim 0726/Sukoharjo tawarkan rest area bagi pemudik dengan beragam fasilitas di Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo,  tepatnya di  seberang SMPN 3 Kartasura, Jumat (29/4/2022).

Komandan Koramil Kartasura, Kapten Inf Mardiyanto, mewakili Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, mengatakan fasilitas area dilengkapi dengan jamu, tempat tidur hingga mie instant dan peralatan medis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ke depan kami akan terus memberikan Kopi, Teh, secara gratis kepada pemudik di posko kami. Silakan bagi para pemudik yang memang sudah merasa kelelahan mampirlah ke posko kami, MCK juga ada, mi instan, tempat tidur, charger gratis. Posko dibuka selama 24 jam sampai, Senin (9/4/2022). Lokasinya kami pinjam di STIE STEKOM,” jelasnya saat ditemui.

Tak hanya kopi dan teh, di rest area tersebut juga disediakan jamu bagi para pemudik. Selain kepada pemudik yang singgah, pihaknya juga membagikan kepada warga yang melintas di wilayah tersebut. Jamu yang disediakan ada jamu beras kencur, kunirasem, pegel linu, wedang uwuh dan beberapa makanan ringan sekadar untuk membatalkan puasa.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kunjungi Terminal Tirtonadi Solo, Cek Posko Mudik Lebaran

“Karena Sukoharjo adalah kota jamu makanya kita bangkit kan [UMKM]. Kami tunjukkan kepada masyarakat, bahwa Sukoharjo punya produk unggulan yaitu jamu. Ada lebih dari 10 liter [yang dibagikan]. Tadi sudah dibagikan ke masyarakat yang melalui jalan di kawasan posko. Ada yang sudah merasakan hangatnya, kalau yang puasa digunakan untuk membatalkan puasa,” jelasnya.

Tak hanya jamu, menurutnya tenaga Medis dan obat juga telah disediakan. Namun hanya bersifat insidensial, sehingga kalau memang harus ada tindak lanjut medis, pihaknya akan membawa ke rumah sakit.

Pemudik asal Bekasi, Valencia, 43, menyebut pihaknya cukup senang dengan pemberian jamu di sela-sela mudiknya, Jumat.

Baca Juga: Arus Mudik Lebaran Makin Padat, One Way Diperpanjang hingga Sabtu Pagi

Pemudik asal Bekasi, Valencia, 43, mendapatkan jamu dan takjil saat singgah di rest area Kodim 0726/Sukoharjo di Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (29/4/2022). (Magdalena Naviriana Putri/Solopos)
Pemudik asal Bekasi, Valencia, 43, mendapatkan jamu dan takjil saat singgah di rest area Kodim 0726/Sukoharjo di Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (29/4/2022). (Magdalena Naviriana Putri/Solopos)

“Dari Bekasi kami mau ke Sukoharjo, perjalanan tadi lumayan macet, kalau normal sekitar 10 jam, tadi bisa 13 jam lah. Berangkat sekitar 04.00 WIB baru sampai pukul 16.30 WIB [di Tol Ngasem]. Happy banget [diberikan jamu dalam perjalanan], terima kasih, saya kira ada pemeriksaan ternyata dapat jamu,” jelasnya saat ditemui saat singgah di rest area.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Kartasura dalam kunjungannya ke rest area, dan juga beberapa pemudik serta perajin jamu yang tinggal di Ngabeyan, Sukoharjo yang telah mempersiapkan jamu untuk para pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya