SOLOPOS.COM - TV Analog bisa menerima siaran TV Digital dengan memasang perangkat Set Top Box (STB). (Siarandigital.kominfo.go.id)

Solopos.com, KUDUS — Sebanyak 17.433 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan set top box (STB) televisi digital dari Pemerintah Pusat. Bukan hanya itu, masyarakat penerima STB juga akan mendapat bantuan pemasangan alat tersebut.

“Informasi dari PT Pura sebagai salah satu pihak ketiga yang memenangkan tender pengadaan STB, sudah terdistribusikan semua,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kudus Yusi Sasepti di Kudus, Minggu (27/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menuturkan pendistribusian bantuan STB tersebut telah dimulai sejak 20 Oktober 2022, sekaligus pemasangannya sehingga masyarakat bisa langsung bisa menikmati tayangan televisi digital.

Terkait bantuan alat tersebut, kata dia, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, untuk disampaikan kepada masing-masing desa bahwa dalam bulan tersebut akan ada pembagian STB televisi digital.

Sementara daftar penerima bantuan, kata dia, sudah tersedia nama dan alamat yang bersumber dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang telah dikirimkan Dirjen Dukcapil ke Dinas Dukcapil Kudus.

Baca Juga: Tolak Kenaikan Cukai, Ratusan Petani Tembakau Temanggung Berangkat ke Jakarta

Terkait informasi penghentian siaran televisi analog (analog switch off/ASO) secara bertahap, dia mengakui belum mendapatkan informasi, salah satunya di wilayah Kudus dan sekitarnya.

Kepala Desa Tumpang Krasak Kecamatan Kota Kudus Sarjoko Saputro mengakui sudah ada pembagian STB untuk warganya. Sedangkan jumlah penerima bantuannya, kata dia, ada sebanyak 225 penerima manfaat.

Penyerahan bantuan dimulai pertengahan Oktober 2022 dan diperkirakan selesai November 2022, mengingat sekaligus layanan pemasangannya.

Baca Juga: Hadiri Rapimwil PPP Jateng, Erick Thohir Disambut Teriakan “Cawapres”

“Kami hanya mendampingi tim dari pihak ketiga yang bertugas menyalurkan STB tersebut karena nama dan alamatnya sudah jelas yang berasal dari pusat,” ujarnya.

Warganya, kata dia, memang tidak sekadar menerima bantuan alat, melainkan sudah ada petugas yang memasangkannya hingga televisinya bisa menangkap siaran TV digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya