SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Semua SMA di Solo akan melaksanakan UNBK tahun 2018.

Solopos.com, SOLO – Seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Solo siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Namun belum semua sekolah bisa menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pelaksanaan UNBK baberapa SMA kecil kemungkinan masih gabung dengan sekolah lain terdekat yang telah memiliki fasilitas komputer memadai,” kata Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Solo, Agung Wijayanto, di Solo, Jumat (17/11/2017).

Dia mengatakan jumlah SMA/sederajat di Solo sebanyak 35 sekolah terdiri atas delapan sekolah negeri dan lainnya swasta.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo sebelumnya meminta agar pada Ujian Nasional 2018 semua SMA sudah melaksanakan UNBK. “Kalau sekolah kekurangan komputer sementara dapat bergabung dengan sekolah terdekat,” tandas Ganjar.

Lebih lanjut, Agung Wijayanto menyatakan masing-masing sekolah telah melakukan kegiatan simulasi UNBK. Simulasi guna memastikan perangkat komputer dan jaringan nantinya berjalan lancar tidak terjadi permasalahan.

Dia menambahkan sekolah yang menggelar simulasi antara lain SMAN 6. Kegiatan simulasi menggunakan sebanyak 104 unit komputer. “Simulasi UNBK diikuti sebanyak 274 siswa kelas XII,” jelas Agung yang juga Kepala SMAN 6 Solo.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Solo, Rahayuningsih, mengungkapkan untuk menggelar UNBK mendatang telah menyiapkan sebanyak 94 unit komputer. “Kami juga sudah mengadakan simulasi UNBK 2018 yang diikuti sebanyak 322 siswa kelas XII,” jelas dia.

Menurut dia, simulasi yang dilaksanakan pada13-15 November 2017 hasilnya berjalan lancar tidak terjadi hambatan terhadap jaringan internet. “Simulasi dilaksanakan setiap hari tiga sesi karena keterbatasan komputer,” kata perempuan berjilbab itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya