SOLOPOS.COM - Dua petugas pendataan siaga di Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten, Senin (1/6/2020). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Jumlah warga Klaten yang pulang kampung dari tanah perantauan kembali meningkat dalam tiga hari terakhir. Padahal, jumlah warga yang pulang kampung di Klaten sempat berada di bawah angka lima orang, Minggu (14/6/2020).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, tim gabungan dari Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, dan Polres Klaten tetap memantau bus malam yang melintasi terminal utama di Kabupaten Bersinar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Prioritas pemantauan dilakukan terhadap bus malam yang ditumpangi warga asli Klaten. Hal itu termasuk warga Klaten dari tanah perantauan yang pulang kampung atau pun warga yang ingin kembali ke tanah perantauan dengan menumpang bus di Terminal Klaten.

2 Hari, 730 Orang Ikut Rapid Test Covid-19 di Sragen, Apa Hasilnya?

Selama kurun waktu pertengahan Mei 2020 hingga pertengahan Juni 2020 ini, jumlah penumpang bus malam yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekrno Klaten mencapai 1.817 orang. Di waktu yang sama, jumlah penumpang bus malam yang berangkat ke tanah perantauan melalui Terminal Tipe A Ir. Soekarno mencapai 2.591 orang.

“Jumlah penumpang bus malam yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten kembali naik dibandingkan, akhir pekan lalu. Hari Minggu (14/6/2020) jumlah penumpang yang turun hanya tiga orang. Jumlah itu meningkat dalam tiga hari terakhir. Berturut-turut, jumlah penumpang yang turun di terminal dari Senin-Rabu (15-17/6/2020), yakni 12 orang [Senin), 17 orang [Selasa], dan 14 orang [Rabu],” kata Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Sudiyarsono, saat ditemui Solopos.com, di kompleks Setda Klaten, Rabu (17/6/2020).

Wajib Isolasi Mandiri

Sudiyarsono mengatakan warga asli Klaten yang turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Hal itu terutama dari Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya.

Imbas Stay at Home, Jumlah Ibu Hamil di Klaten Melonjak

“Sebanyak 14 warga Klaten yang pulang kampung itu berasal dari Jambi (dua orang), Serang (dua orang), Jakarta (satu orang), dan Tangerang (dua orang). Lalu, Bogor (satu orang), Bekasi (empat orang), Cikarang (satu orang), Bojonegoro (satu orang), dan Sidoharjo (satu orang). Kami sudah mengimbau ke warga yang pulang kampung agar tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 sekaligus mengisolasi mandiri selama 14 hari ke depan,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Marjono, mengatakan setiap penumpang yang turun di terminal setempat wajib melaksanakan protokol pencegahan Covid-19. Hal itu seperti mengenakan masker, bersedia diperiksa suhu tubuh, menjaga jarak, dan lainnya.

“Isolasi mandiri 14 hari wajib dilakukan begitu tiba di rumah,” kata dia.

Siap-Siap! Gerhana Matahari Cincin Akhir Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya