Sempat Tertunda Akibat Covid-19, Gedung Pertemuan Rp52 Miliar di Sukoharjo Ditarget Rampung Tahun Ini
Bekas Gedung Budi Sasono akan digunakan sebagai lokasi pembangunan Gedung Pertemuan yang dibangun pada 2021. Foto diambil Selasa (19/1/2021). (Solopos.com/Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemkab Sukoharjo tengah mempersiapkan proses lelang megaproyek pembangunan gedung pertemuan senilai Rp52 miliar. Lelang paling lambat dilakukan akhir bulan ini agar proyek tersebut rampung tepat akhir tahun nanti.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo, mengatakan gedung pertemuan itu akan dibangun di lahan bekas kantor DPRD Sukoharjo lama di Jl. Veteran. "Kami targetkan lelang bisa berjalan lancar pada awal tahun ini dan tidak perlu mengulang sehingga waktu pelaksanaan pembangunan mencukupi," kata dia kepada wartawan di Sukoharjo pada Selasa (19/1/2021).

Resepsi Ditunda, Pengelola Sewa Gedung Sukoharjo Rugi Puluhan Juta

Proyek pembangunan gedung pertemuan ini sempat tertunda di tahun lalu. Anggaran pembangunan gedung pertemuan dialihkan untuk penanganan Covid-19. Tahun ini, Pemkab kembali menganggarkan dana Rp53 miliar untuk pembangunan gedung pertemuan tersebut. Ditargetkan pembangunan gedung pertemuan rampung di akhir tahun.

"Dokumen yang diperlukan dalam tahapan lelang sudah disiapkan sejak sekarang. Proyek ini mendapat prioritas pada awal tahun," kata dia.

Dengan demikian, Bowo menambahkan, waktu mulai dari persiapan, lelang hingga pelaksanaan pembangunan bisa mencukupi sampai akhir tahun. Hal ini dilakukan juga sebagai antisipasi mengalami kendala salah satunya kemungkinan terjadinya kegagalan dalam lelang.

Dulu Memprihatinkan, Gedung Arpusda Sukoharjo Kini Makin Cantik

Ia mengatakan persiapan lelang digelar setelah kebutuhan pembangunan terpenuhi. Salah satunya berkaitan dengan pemenuhan anggaran. Selain itu lahan yang dipakai untuk pembangunan juga telah tersedia. “Kondisi lahan bekas kantor Dewan dan gedung serba guna Budi Sasono sudah rata dengan tanah setelah bangunan sebelumnya dirobohkan tahun lalu,” lanjutnya.

Agenda Besar Lain

Di tahun ini, Pemkab Sukoharjo memiliki sejumlah agenda besar dalam kegiatan pembangunan daerah. Selain gedung pertemuan, Pemkab juga menyiapkan pembangunan jalan Sugihan-Paluhombo, Bendosari. Proyek peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo di Kecamatan Bendosari juga batal dikerjakan di tahun lalu karena pandemi Corona. Terkait dengan persoalan non teknis, Pemkab Sukoharjo hingga akhir tahun lalu sudah menyelesaikan kewajiban berupa pembayaran ganti rugi tanah kepada para pemilik yang terdampak proyek tersebut.

“Sudah selesai dan final jadi tinggal direalisasikan saja pembangunanya di tahun ini. Sedangkan pembayaran terkait pengadaan tanah pada para pemilik sudah selesai,” ujarnya.

Gedung Pertemuan Sukoharjo Senilai Rp52 Miliar Mulai Digarap

Bowo mengatakan terkait pembayaran pengadaan tanah untuk pembangunan jalan Sugihan-Paluhombo, ada beberapa yang terpaksa dititipkan melalui pengadilan. Sebab DPUPR Sukoharjo belum berhasil menemui ahli waris pemilik tanah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom