Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melantik kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) dan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) di Kota Semarang, Jateng, Jumat (4/1/2019). (Antara-Humas Setda Kota Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang akhirnya mengisi dua jabatan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang sempat kosong dalam waktu cukup lama. Kedua jalabatan pemimpin OPD itu adalah kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) dan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Kedua kepala OPD itu resmi dilantik Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (4/1/2019). Hendrar Prihadi melantik Ali sebagai Kepala Disperkim dan Indriyasari sebagai Kepala Disbudpar Kota Semarang.

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—menjelaskan pemilihan kedua sosok kepala OPD itu merupakan hasil rekomendasi panitia seleksi setelah dilakukan tes. Panitia seleksi terdiri atas lima orang, yakni dari internal Pemerintah Kota Semarang, profesional, dan akademisi kepada sejumlah pejabat eselon III di lingkup tersebut.

"Keduanya kan terpilih dari panitia seleksi. Saya memang disodori tiga nama di masing-masing dinas, dan kami pilih yang terbaik di antara mereka," katanya.

Menurut dia, dua pejabat baru itu harus bisa segera bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing agar hasilnya bisa segera dirasakan masyarakat. "Pasti harus segera melakukan pekerjaan di dinasnya masing-masing sesuai aturan yang berlaku. Pesan saya, era sekarang tidak seperti yang dulu," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Ditegaskannya, jajaran pegawai negeri sipil (PNS), apalagi kepala dinas jangan menyalahi aturan yang sudah ditentukan, apalagi sampai melakukan pungutan liar (pungli). "Jangan suka macem-macem, jangan coba-coba pungli. Tunjangannya juga sudah dinaikkan. Justru harus bisa berinovasi, serta mengembangkan ide dan gagasan," katanya.

Hendi mengingatkan pentingnya menetapkan standar tinggi dalam mendorong pembangunan di Kota Semarang yang tidak sebatas menjalankan rutinitas seperti sebelumnya. "Dengan target ini, saya menuntut gaya pekerjaan yang out of the box. Tidak hanya menjalankan rutinitas pekerjaan seperti sebelum-sebelumnya," pesannya.

Sementara itu, Kepala Disperkim Kota Semarang Ali menyatakan terima kasihnya kepada wali kota atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin OPD tersebut. "Pak Wali berpesan agar tidak mengutamakan ego sektoral. Dalam waktu dekat, kami akan jalankan, terutama dengan sinkronisasi program antardinas," katanya.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten