Sempat Kena PHP Bansos, Karni Kini Dapat Bantuan dari Sejumlah Kalangan
Aparat Polsek Wonogiri Kota menyerahkah bantuan kepada keluarga Karni di rumah Karni, tepi Alas Kethu Wonogiri, Selasa (2/6/2020). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Sejumlah pihak mendistribusikan bantuan untuk keluarga Karni, 60, setelah masalah yang dihadapinya mengemuka. Pihak itu dari pegiat media sosial, polisi, hingga politikus.

Seperti diketahui, keluarga Karni merupakan salah satu keluarga penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sejak 16 bulan lalu, tetapi tak pernah bisa mendapatkan bantuan dari Program Sosial Pangan (BSP) reguler Kementerian Sosial (Kemensos).

Karni menghuni gubuk di tepi Alas Kethu Wonogiri dekat Sungai Bengawan Solo. Dia tercatat sebagai warga Salak RT 002/RW 003, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Anggaran Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19 Tembus Rp677 Triliun, Untuk Apa Saja?

Salah satu pihak yang menyalurkan bantuan kepada Karni adalah komunitas pegiat medsos yang tergabung dalam AD 1 PM Family Sahabat Setiawan Wonogiri. Ketua komunitas, Setiawan, kepada Solopos.com, Rabu (3/6/2020), mengatakan dia dan rekan-rekannya menyerahkan bantuan berupa beras, minyak goreng, gula, mi instan, dan dana, Selasa (2/6/2020).

Kegiatan sosial itu dilaksanakan setelah Setiawan mengetahui berita yang menginformasikan kondisi Karni. Tanpa menunggu lama dia langsung mengutus orang untuk menyurvei rumah Karni. Setelah itu dia membelanjakan sebagian dana dari para anggota grup yang dihimpun sejak 25 Mei lalu.

“Kami menghimpun dana sosial secara khusus untuk membantu warga yang terdampak virus corona [Covid-19]. Donasi kami tutup kemarin [Selasa]. Hingga hari terakhir pukul 18.00 WIB terkumpul dana Rp23,125 juta. Bantuan untuk Ibu Karni bagian dari dana itu,” kata Setiawan saat dihubungi.

Misteri Hilangnya Satpam Cantik di Sragen, Motor dan Sepatu Jadi Petunjuk

Dia melanjutkan selain Karni, komunitas juga menyalurkan bantuan kepada warga lain di Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Salatiga, Semarang, Kendal, dan Grobogan. Dia berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga.

Bantuan Polsek

Polsek Wonogiri Kota melakukan hal sama. Paur Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menginformasikan Polsek Wonogiri Kota menyalurkan bantuan untuk keluarga Karni berupa 5 kg beras dan 1 kg telur ayam, Selasa.

Kegiatan itu sebagai wujud kepedulian Polsek Wonogiri Kota terhadap warga kurang mampu terdampak Covid-19. Menurut dia, Polres dan jajaran Polsek menggelar bakti sosial (baksos) secara berkala, baik kepada pekerja, yatim piatu, pondok pesantren, dan warga miskin terdampak Covid-19 lainnya.

“Baksos jalan, pengungkapan kasus pidana pun tetap jalan,” kata Iwan mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing.

Hidup Sendiri, Warga Mangkubumen Solo Ditemukan Meninggal

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Luluk Nur Hamidah, turut menyalurkan bantuan bahan pangan. Selain kepada Karni, anggota Komisi IV DPR itu menyerahkan bantuan kepada Ngadikem yang menghuni rumah tak layak huni (RTLH) tak jauh dari rumah Karni. Luluk prihatin atas masalah yang dihadapi Karni.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho