Tutup Iklan

Sempat Diremehkan, Para Pemuda di Bangka Berhasil Bangun Tempat Wisata

Sejumlah pemuda berhasil membuktikan jerih payah mereka dan membuahkan hasil dengan menyulap danau menjadi objek wisata meski sebelumnya sempat diremehkan beberapa pihak.

 Danau Pading yang berdiri dari ide para pemuda sekitar. (Instagram)

SOLOPOS.COM - Danau Pading yang berdiri dari ide para pemuda sekitar. (Instagram)

Solopos.com, BANGKA — Sejumlah pemuda yang memanfaatkan alam di daerah untuk objek wisata. Para pemuda itu berhasil membuktikan usaha kerja keras mereka berhasil tidak sia-sia dan membuahkan hasil untuk memajukan desa mereka dengan tempat wisata yang terletak di Kabupeten Bangka.

Kisah inspiratif sejumlah pemuda itu berawal dari keresahan mereka melihat danau di desanya yang kotor. Mereka kemudian berinisiasi membersihkan danau dan membuatnya menjadi tempat wisata. Dengan adanya objek wisata, desa ramai menjadi ramai wisatawan dan mendongkrak ekonomi desa tersebut.

Meski awalnya diremehkan sejumlah pihak, namun mereka terus berupaya merealisaskan rencana yang telah disepakati. Hasil jerih payah mereka terbayarkan dengan banyaknya pengunjung yang memadati objek wisata buatan sejumlah pemuda itu seperti unggahan video di akun Instagram @viralkak.
“Gokil, jadi bagus banget, mimin jadi pengin ke sana,” tulis pengunggah video.

Baca Juga: Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Video itu menunjukkan sejumlah pemuda yang berdiskusi membahass rencana pembuatan wisata air. Kemudian berlanjut dengan kegiatan gotong-royong membuat pondasi dari kayu dan membersihkan danau di desa mereka. Setelah tempat wisata air yang dimpikan jadi, wisatawan berdatangan dari berbagai daerah dengan mengendarai mobil atau sepeda motor ke Kabupaten Bangka. Beberapa komunitas juga menjajal tempat rekreasi baru tersebut. Selain menyuguhkan pemandangan, objek wisata ini juga menyediakan jet boot untuk mengelilingi danau.

Saat pembukaan tempat wisata juga dihadiri Bupati Bangka yang memberikan sambutan dan apresiasi kepada para pemuda di kampung itu. Para pemuda itu kemudian diundang untuk mengikuti pelatihan pengelolaan desa wisata. Video aksi sejumlah pemuda yang merombak danau yang terbengkalai menjadi objek wisata itu mendapatkan belasan ribu tanda suka dan ratusan komentar dari netizen hingga Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Disebut Manusia Chip, Perempuan Ini Bisa Buka Lemari Tanpa Menyentuh

Netizen pun kagum dengan aksi mereka memajukan desa meski sempat diremehkan. “Saya salut dengan pemuda yang memilih sibuk untuk hal bermanfaat dan bergerak untuk menghasilkan sesuatu yang postif,” tulis pengguna akun @s_megantara.

“Anak muda kreatif emang tiada duanya, kalau mereka sudah bergerak,” timpal pengguna akun @cindra.gunawan.

Netizen @anna_sunantari memaparkan tempat wisata hasil karya para pemuda itu bernama Danau Pading yang berlokasi di Desa Perlang, Koba, Kabupaten Bangka. Ia juga menyebut tempat wisata itu sebelumnya tidak terurus yang kemudian disulap menjadi danau yang indah.

Baca Juga: Tergiur Harga Murah, Pembeli Kaget Terima Sepatu Gunung Pesanannya

 

 

View this post on Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh VIRALKAK (@viralkak)


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.