SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyakit virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI -- Fasilitas kesehatan atau faskes yang sempat digunakan oleh ustaz pasien positif Covid-19, Z, ditutup sementara. Hal itu menyusul adanya enam penambahan kasus terkonfirmsi positif yang tertular dari pasien Z.

Z yang merupakan pimpinan pondok pesantren di Jatisrono dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (5/1/2020). Setelah hasil tracing, ada enam orang yang dinyatakan positif Covid-19 pad Jumat (10/7/2020) karena kontak erat dengan Z.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Selain Tak Transparan Soal Bantuan, Warga Sebut Kades Wironanggan Sukoharjo Arogan

Tracing terhadap pasien Z pun terus dilakukan. Termasuk memerikan faskes yang digunakan Z saat periksa ketika sakit. Sebelum dinyatakan positif Covid-19, pasien sempat di rawat di fasilitas kesehatan.

"Bahkan menurut informasi, pasien Z berperiksa ke tiga dokter yang membuka praktek," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo, kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat.

Bocah 5 Tahun Asal Sragen Terluka Karena Tersayat Benang Layangan Saat Bersepeda

Saat ini, menurut dia, ketiga fasilitas kesehatan tersebut sudah tutup sementara. "Katika faskes mempunyai riwayat pernah memeriksa pasien positif, seharusnya ditutup sementara. Karena akan ada orang lain yang mungkin berperiksa ke faskes tersebut," ungkap dia.

Jekek sudah mengintruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri agar faskes atau dokter lebih berhati-hati ketika memeriksa pasien. Segala pertimbangan dan aspek pemeriksaan harus dipertimbangkan.

9 Orang Ditangkap Terkait Meninggalnya Pesilat Remaja Gatak Sukoharjo, Ada Yang Sempat Kabur!

Ia mengatakan, semua upaya yang dilakukan gugus tugas sebagai bentuk kewaspadaan yang lebih. Karena baru kali pertama kasus seperti itu. "Ini klaster baru di Wonogiri. Kami akan meningkatkan kewaspadaan yang lebih. Sosialisasi berbasis kultural akan lebih kami perkuat," kata Jekek.

Di sisi lain, enam pasien baru Covid-19 di Wonogiri yang kontak erat dengan Z itu kini diisolasi di pondok pesantren. Hal itu sudah menjadi kesepakatan dengan pasien serta gugus tugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya