SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani tes swab lebih cepat dari jadwal rutin biasanya.  Hal ini terkait kabar Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, positif Covid-19. Jokowi diketahui sempat bertemu dengan Purnomo di Istana pekan lalu.

"Bapak Presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab. Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, saat dimintai konfirmasi, Jumat (24/7/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Heru mengatakan protokol kesehatan di Istana secara ketat diterapkan, termasuk kepada tamu yang bertemu Jokowi. Tamu diwajibkan menjalani rapid test Covid-19.

Sekda Solo Ahyani Sebut Status Covid-19 Wawali Plus-Minus, Apa Artinya?

"Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," kata Heru.

Purnomo dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu. Informasi tersebut disampaikan salah seorang anggota DPRD Solo, Jumat.

"Informasinya Wakil Wali Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin bisa dicek ke gusgas [Gugus Tugas Penanganan Covid-19]," kata legislator yang minta dirahasiakan namanya itu.

Positif Covid-19, Achmad Purnomo Sempat Bertemu Presiden Jokowi

Saat dimintai konfirmasi, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, membenarkan informasi Wawali Solo Purnomo positif Covid-19.

 

Merasa Sehat

Sementara Purnomo, saat dihubungi wartawan, Jumat, mengaku mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

"Coba tanya kepala dinas [kesehatan Kota Solo] saja, saya kan dua kali [tes swab] yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif lha saya ndak berani cerita. Nyuwun priksa Kepala Dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok," ungkap dia.

Padmaningrum Gantikan Jumeri Jadi Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng

Purnomo kini sedang menjalani karantina di rumah. "Saya merasa sehat sekali. Nggak ada keluhan," kata Purnomo saat dihubungi wartawan, Jumat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya