Sempat Batal, Pocari Sweat Akhirnya Gelar Ajang Lari Virtual untuk Publik Soloraya
Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati (kedua dari kiri) didampingi pelari nasional, Agus Prayogo (kanan) serta artis Melani Putria (kiri) dan Sahila Hisyam dalam jumpa pers virtual Pocari Sweat Run Virtual 2020, Senin (13/7/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Pocari Sweat Run Solo 2020 sempat bakal menjadi salah satu ajang olahraga terakbar di Kota Solo tahun ini.

Tak sekadar olahraga lari, event yang sedianya digelar pada 29 Maret itu mengangkat konsep unik yakni sport tourism. Ribuan pelari akan diajak melintasi destinasi-destinasi wisata bersejarah seperti Keraton Solo, Benteng Vastenburg, Stadion Sriwedari hingga Musem Keris.

Namun ajang ini akhirnya batal karena virus Covid-19 yang mewabah sejak Maret. Tak mau membuat pecinta olahraga Soloraya larut dalam kekecewaan, Pocari Sweat meluncurkan ajang pengganti bertajuk Pocari Sweat Run Virtual 2020 yang akan digelar 16 Agustus. Ajang ini sekaligus menjadi event lari virtual pertama yang digelar di Indonesia.

Kamis Malam Ini Banteng Solo Bergerak Deklarasikan Dukungan, Untuk Gibran?

“Solo dan Bandung sebenarnya menjadi lokasi Pocari Sweat Run tahun ini. Namun karena pandemi, kami mencoba bikin konsep inovatif berupa event lari virtual,” ujar Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati, dalam jumpa pers virtual, Senin (13/7/2020).

Hampir Sama

Meski berlangsung online, interaksi dan kemeriahan ajang tersebut diklaim hampir sama dengan event lari reguler. Para peserta akan melakukan pemanasan hingga berlari pada waktu yang bersamaan di seluruh Indonesia. Peserta juga dapat berinteraksi satu sama lain didampingi host, Daniel Mananta, via live streaming Joox.

“Ada kegiatan stretching, flag-off ceremony hingga interaksi dengan host sehingga peserta tidak merasa berlari sendirian,” ujar Puspita.

Yang menarik, peserta diberi kebebasan memilih jalur atau lintasan lari. Puspita mengatakan lokasi aktivitas bisa di jalan umum, jalur trail, taman sekitar rumah atau trek atletik. Peserta juga menggunakan treadmill jika ingin berlari di dalam ruangan atau menggunakan kursi roda bagi penyandang disabilitas.

“Di ajang ini kami tidak mencari siapa yang paling cepat, tapi lebih pada kebersamaan dan menjaga ketahanan tubuh. Jangan lupa menerapkan protokol kesehatan,” kata Puspita.

Ini Penjelasan Soal Lockdown Lokal untuk Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

Pocari Sweat menargetkan 4.000 pelari dapat berpartisipasi di kategori 5 kilometer (5k) dan 10k. Pendaftaran dibuka mulai Rabu (15/7/2020) dengan biaya registrasi Rp175.000. Pelari nasional, Agus Prayogo, selebriti, Sahila Hisyam serta Melanie Putria dipastikan ikut memeriahkan ajang tersebut.

Agus menilai ajang Pocari Sweat Run Virtual sangat spesial karena baru kali pertama digelar. “Ini pengalaman baru, konsepnya keren banget. Di masa pandemi, perlu ajang seperti ini untuk mengembalikan semangat berlari yang mulai pada kendor,” ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom