SOLOPOS.COM - Simpang Lima Kota Semarang. (Instagram @740aerialvideography)

Solopos.com, SEMARANG — Realisasi investasi di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 2022 mencapai Rp24,6 triliun. Angka itu melebihi target yang telah ditetapkan yakni Rp24 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang, Widoyono, mengatakan pada 2022, realisasi target investasi mencapai 102 persen atau Rp24,6 triliun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengakui investasi di Kota Semarang sempat anjlok karena terdampak pandemi Covid-19 pada 2020 yang turun di angka Rp21,8 triliun. Padahal tahun 2019, realisasi investasi mencapai Rp36,5 triliun.

“Bisa dilihat sebelumnya Rp36,541 triliun, itu tahun 2019. Kemudian tahun 2020 menjadi Rp21,842 triliun. Ya dimaklumi karena paandemi Covid-19 berdampak terhadap investasi,” kata dia, Minggu (5/2/2023).

Meski sempat mengalami penurunan, ia bersyukur karena iklim investasi perlahan mulai membaik. Hal itu terlihat dari kenaikan pada 2022.

Widoyono mengatakan pada tahun 2023, target investasi di Kota Semarang dinaikkan menjadi Rp26 triliun.

“Target kami untuk investasi yang masuk pada 2023 sebesar Rp26 triliun. Kami sebagai end stage dari perizinan,” kata dia.

Karena itu, ia berharap iklim investasi terus meningkat pada tahun ini meski akan menghadapi ancaman gelombang badai resesi yang diprediksi banyak pihak akan menghantam perekonomian global.

Menurut dia, DPM PTSP terus berupaya menarik minat investor untuk menanamkan investasi di Kota Atlas, yakni memudahkan pengurusan perizinan dan memberikan insentif bagi investasi baru.

“Insentif itu seperti ini, misalnya kami berikan reduksi pajak, retribusi, kasih lampu penerangan untuk jalan-jalan akses, dan sebagainya. Ini untuk menarik orang untuk berinvestasi,” ujar Widoyono yang juga dokter tersebut.

Selain itu, Widoyono menegaskan “penyakit perizinan” juga turut diberantas, seperti salam tempel dan lamanya waktu pengurusan perizinan sehingga investor lebih nyaman untuk menanamkan investasi.

“Investasi yang berkontribusi paling besar masih sektor perdagangan, perindustrian, kemudian pariwisata. Tahun ini sepertinya masih sama. Kami dorong terus agar orang mau berinvestasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya