SOLOPOS.COM - Ilustrasi tirakatan malam peringatan HUT RI. (Antara)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah tak melarang warganya menggelar tirakatan di malam peringatan HUT ke-75 RI. Warga dipersilakan menggelar tirakatan dengan menaati protokol pencegahan Covid-19.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Pemkab Klaten melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi sebelumnya telah membikin surat edaran (SE) bernomor 003/457/01 tertanggal 30 Juli 2020. Pada SE itu disebutkan kegiatan malam tirakatan HUT ke-75 ditiadakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kata ditiadakan sempat diulangi sekali oleh sekda Klaten dalam SE yang ditekennya. Peniadaan malam tirakatan dilakukan di tingkat RT/RW, desa/kelurahan, dan kecamatan.

Usai Indehoi, Suami Malah Bakar Istri karena Cemburu

Setelah SE itu, Sekda kembali mengeluarkan SE yang baru, yakni bernomor 003/483/01 tertanggal 10 Agustus 2020. Di SE yang baru ini, disebutkan Pemkab Klaten tidak melarang adanya tirakatan HUT ke-75 RI.

Peniadaan kegiatan tahunan itu dimaksudkan mencegah peningkatan persebaran virus corona yang masih tinggi di Klaten. Seiring berjalannya waktu, disebutkan juga banyak orang yang berharap dapat melaksanakan tirakatan.

Kini, setiap warga yang akan menggelar tirakatan diharuskan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Di samping itu, jumlah peserta tirakatan di Klaten harus dibatasi dan pelaksanaan tirakatan dilakukan secara sederhana dan tanpa adanya acara hiburan.

Hari Ini Dalam Sejarah: 11 Juli 2003, Pemimpin Militer Jemaah Islamiyah Ditangkap

"SE sebelumnya bukan melarang [tirakatan] tetapi meniadakan dengan pertimbangan perkembangan Covid-19," kata Sekda Klaten, Jaka Sawaldi, kepada Solopos.com, Selasa (11/8/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya