SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Nuansa budaya China ciri khas etnik Tionghoa di mal kala Imlek tiba. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Seminar yang digagas Forum Wartawan Jawa Tengah (FWJT) di Semarang akan menghadirkan para tokoh-tokoh etnik China yang akan mendiskusikan nasionalisme warga Tionghoa di Indonesia.

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebuah hajatan besar yang mempertemukan para tokoh Tionghoa Tanah Air bakal dihelat di Kota Semarang. Acara itu tak lain adalah seminar berbalut diskusi yang membahas jiwa nasionalisme warga etnik China di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Forum Nasional Tionghoa Jawa Tengah (Jateng) Dewi Susilo Budihardjo menyebutkan seminar inisiatif Forum Wartawan Jawa Tengah (FWJT) itu nantinya akan digelar di Gedung Teater Liem Liang Peng di kompleks Sekolah Nasional Karangturi, Semarang, Sabtu (27/8/2016).

Sederet tokoh nasional Tionghoa, seperti Anton Medan hingga Ketua Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo bakal hadir dalam acara tersebut. “Bagi warga Tionghoa di Indonesia kegiatan semacam ini, yang membahas tentang kebangsaan terbilang jarang selama ini. Menurut saya ini acara yang bagus. Panitia mungkin punya asumsi dengan acara ini akan menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda Tionghoa saat ini,” ujar Dewi kepada Semarangpos.com, Kamis (25/8/2016).

Selain Anton Medan, Dewi mengaku ada beberapa tokoh Tionghoa nasional yang hadir dalam seminar ini, sebut saja Soleh Dahlan yang merupakan bos Daffam Group serta Harjanto Halim yang seorang budayawan. Dewi mengaku dirinya juga akan tampil sebagai pembicara dalam seminar itu.

Dalam seminar itu, menurut Dewi, ia akan membahas tema terkait peran perempuan Tionghoa di Indonesia saat ini. “Saya akan berbicara tentang kiprah perempuan Tionghoa bagi bangsa ini,” imbuh Dewi.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya