SEMINAR GURU MADIUN : Benarkah Guru Itu Digugu lan Ditiru?

SEMINAR GURU MADIUN : Benarkah Guru Itu Digugu lan Ditiru?

SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru (Dok/Solopos)

Seminar guru Madiun dihelat di Universitas Katholik Widya Mandala dengan tema Guru Profesional di Era Global. Bagaimana dengan guru sekarang?

Solopos.com, KOTA MADIUN – Sebuah seminar Nasional digelar di Universitas Katholik Widya Mandala, Minggu (24/5/2015). Acara yang diikuti 70-an peserta dari mahasiswa, guru, dan praktisi itu mengangkat tema Guru Profesional di Era Global. Pertanyaannya, seperti apakah guru yang profesional sekarang ini?

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kota Madiun, Gandhi Hatmoko, mengatakan sosok guru profesional haruslah dapat digugu lan ditiru alias dipercaya dan bisa menjadi panutan. Saking pentingnya peran guru ini, setiap kata seorang guru harus benar-benar mencerminkan laku hidup yang layak dicontoh.

Gandhi menyebut mulianya seorang guru ini seperti kepatuhan Bimo Seno kepada gurunya Pendita Durno dalam dunia pewayangan. Betapapun bahayanya perintah guru Durna kepada Seno untuk mencar air perwitasari, namun perintah itu tetap dijalankan Seno demi hormatnya kepada gurunya.

Hingga suatu ketika, Seno bertemu dengan raja samudera. Ia malah diberi kesaktian berupa senjata ampuh. “Makna yang dapat dipetik adalah guru merupakan sosok yang sangat dihormati, seorang murid yang menaati perintah guru akan berhasil,” ujar Gandhi dalam seminar tersebut seperti dikutip Madiun Pos, situs resmi unika.widyamandala.ac.id, Senin (25/5/2015).

Seminar menghadirkan pembicara tunggal yaitu Prof. Suyanto yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dan Mantan Dirjen Mandikdasmen dan Dikdas, Kemdikbud 2005 – 2013.

Banyaknya garam di dunia pendidikan telah membuka wawasan baru peserta seminar tentang bagaimana menjadi guru yang professional di era global. Meski materi cukup berbobot, namun tak terkesan berat lantaran dikemas sedemikian rupa ditambah penyampaian informasi yang diselingi candaan.

Salah satu peserta, Jasmin menyampaikan bahwa seminar tersebut sangat menarik dan sangat bermanfaat, baik bagi mahasiswa calon guru maupun bagi guru. Ia berpesan, materi ini akan lebih baik lagi jika dipraktikkan di lapangan.

Lantas, apakah guru saat ini  masih bisa digugu lan ditiru?

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Duh, Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Warga dengan gangguan jiwa asal Kampung Teguhan, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Sabtu (15/5/2021) siang.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.

China Sukses Daratkan Wahana Penjelajah di Planet Mars

China berhasil mendaratkan wahana penjelajah di Planet Mars, Sabtu (15/5/2021). Dengan ini China menjadi negara kedua yang mendaratkan wahana seperti itu di Mars.

Bukan Cuma Pekalongan, Semarang & Demak Juga Terancam Tenggelam

Ancaman tenggelam di Jawa Tengah bukan hanya dihadapi Kota Pekalongan, tetapi juga Semarang dan Demak yang berada di wilayah pesisir.

Wisata Air Cokro Tulung Klaten Is Back, Ada Wahana Baru?

Objek Wisata Air Cokro atau OMAC di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, kembali dibuka setelah setahun lebih tutup karena pandemi.