Kategori: Bola

Akankah Keberuntungan Menaungi PSS Sleman Kali Ini?


Solopos.com/Chrisna Chaniscara

Solopos.com, SOLO—Perjalanan PSS Sleman di Piala Menpora 2021 cukup dinaungi keberuntungan. Apabila melihat hasil dua laga awal mereka di fase grup, siapa sangka Super Elang Jawa (Elja) mampu menjaga mimpi menembus babak final turnamen hingga detik ini.
Banyak pencandu sepak bola yang menilai peluang PSS sudah habis setelah kalah 1-2 dari Madura United dan imbang 0-0 melawan Persela Lamongan di awal babak penyisihan.
Namun, enam poin yang dikumpulkan PSS di dua laga selanjutnya lewat kemenangan tipis 1-0 melawan Persik Kediri dan Persebaya Surabaya membuat mereka menjadi juara Grup C. Dewi fortuna kembali menghinggapi Super Elja seusai menyingkirkan tim kuat Bali United di perempat final lewat adu penalti dengan skor 4-2 setelah di waktu normal imbang 0-0.
Tendangan Dias Angga melayang, sedangkan tembakan Willian Pacheco lemah sehingga mudah ditangkap kiper Ega Rizky.

Baca Juga: Menpora Minta Komitmen Semua Pihak Sukseskan Final Piala Menpora di Solo

PSS tampaknya perlu magis serupa saat menghadapi Persib Bandung pada leg II semifinal di Stadion Manahan, Senin (19/4/2021) malam. Nico Velez dkk. butuh kemenangan dengan selisih minimal dua gol untuk melenggang ke final, lantaran sebelumnya mereka kalah 1-2 pada leg I di Sleman.
PSS dapat memaksakan adu penalti apabila unggul dengan selisih satu gol dari Maung Bandung. Winger PSS, Irkham Zahrul Mila, terang-terangan berharap tuah Stadion Manahan berpihak untuk timnya. “Saya pernah main di sini [sebagai pemain Persis Solo] tahun 2017, pernah mencetak gol juga. Semoga saya bisa membawa Sleman memenangkan pertandingan,” ujar Mila dalam jumpa pers virtual, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: Bayern Muenchen Semakin Dekati Gelar Juara Liga Jerman

Wajib Diwaspadai

Meski demikian, upaya PSS comeback di Solo bakal mendapat ujian berat. Bintang Persib yang absen di leg I, Wander Luiz, akan turun di leg II. Striker asal Brasil itu wajib diwaspadai karena telah mencetak dua gol dan dua assist di Piala Menpora sejauh ini. Dejan Antonic juga meminta anak asuhnya menutup pergerakan Febri Hariyadi dan Frets Butuan yang kerap mengobrak-abrik pertahanan PSS di leg I. Frets adalah mimpi buruk PSS lewat gol telatnya di leg I. “Kami juga menyiapkan untuk skenario adu penalti, tentu kami harus fokus menang dulu,” imbuh Dejan.
Sementara itu, Persib mengirim sinyal tak akan mengendurkan serangan meski unggul di leg I. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengingatkan timnya adalah tim paling produktif di pramusim sejauh ini. “Sepak bola adalah permainan untuk menyerang. Kami akan melanjutkan itu.”

 

PSS SLEMAN VS PERSIB BANDUNG
Stadion Manahan (Solo)
Live Indosiar, Senin (19/4/2021) pukul 20.30 WIB

Perkiraan Susunan Pemain
PSS (4-3-3): Ega Rizky; Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Fabiano Rosa Beltrame, Samsul A; Arsyad, Kim Jeffrey Kurniawan, Aaron Evans; Irfan Jaya, Saddam Gaffar, Nico Velez.
Pelatih: Dejan Antonic (Serbia)

PERSIB (4-4-2): Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Dedi Kusnandar, Farshad Noor, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi; Frets Butuan, Ferdinand Sinaga
Pelatih: Robert Rene Alberts (Belanda)

Head to head
16/4/2021 PSS 1-2 Persib
15/3/2020 Persib 2-1 PSS
7/12/2019 PSS 0-0 Persib
Sumber: disarikan dari berbagai materi.

Share
Dipublikasikan oleh
Tri Wiharto