SOLOPOS.COM - Semifinal LCC FAM 2021

Solopos.com, SOLO -- Babak semifinal lomba cerdas cermat atau LCC virtual Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 akan diikuti delapan sekolah dari Soloraya dan Jawa Timur (Jatim), serta DKI Jakarta.

Satu wakil Jatim, yakni SMAN 2 Nganjuk, dan satu wakil Jakarta, yakni MAN 13 Jakarta, bakal membuktikan apakah mereka mampu tampil cemerlang di tengah dominasi enam sekolah dari Soloraya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Enam sekolah asal Soloraya yang akan bertarung di semifinal LCC FAM 2021 adalah SMAN 4 Solo, SMA Al Azhar Syifa Budi Solo, SMAN Kerjo Karanganyar, SMAN 1 Karanganyar, SMAN 3 Solo, dan SMA Muhammadiyah PK Solo.

Baca juga:  Perayaan Imlek 2021 di Solo Tanpa Lampion dan Barongsai, Tapi Hal Ini Tetap Dilakukan

Seperti diketahui,24 sekolah jenjang SMA/SMK sederajat peserta LCC virtual 2021 telah melalui babak penyisihan pada 26-29 Januari 2021. Selama empat hari, 24 tim tersebut berlomba paling banyak mengumpulkan poin di lomba yang didukung Bank Indonesia Solo, Otoritas Jasa Keuangan Solo, Yamaha Indonesia, Indosat Ooredoo, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Hasilnya, ada delapan sekolah yang berhasil masuk ke babak semifinal. Dalam beberapa sesi lomba babak penyisihan, sekolah-sekolah asal Solo dan Karanganyar memang tampak mendominasi.

Seperti SMM Muhammadiyah PK Solo yang meraih 160 poin, SMAN 1 Karanganyar dengan 150 poin, dan SMAN 3 Solo yang menghimpun 140 poin.

Baca juga: Volume Kubah Lava Merapi Menurun, Begini Penjelasan BPPTKG

FAM 2021 Beda

Meski demikian, sekolah luar Soloraya bukan berarti bisa dipandang sebelah mata. Seperti SMAN 2 Nganjuk yang meski harus melalui perlombaan sengit berhasil mengoleksi nilai 130 dan memastikan diri masuk babak semifinal.

Ketua Panitia FAM 2021, Danang Nur Ihsan, mengatakan LCC FAM 2021 yang digelar secara virtual memang berbeda dibandingkan FAM tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, panitia membuka kesempatan bagi semua sekolah di Indonesia untuk bergabung.

Danang mencatat ada sejumlah sekolah dari luar Soloraya yang berpartisipasi di lomba ini, meski gagal masuk babak semifinal.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 30 Januari 1917 Lahirnya I Gusti Ngurah Rai

“Ada peserta dari Jogja, banyak peserta dari Semarang, dari Wonosobo, dari Medan, bahkan ada peserta dari Lombok Nusa Tenggara Barat. Semua tampil keren dan hebat. Namun, harus kita akui delapan sekolah inilah yang terbaik sehingga masuk babak semifinal,” kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (30/1/2021).

Dia menambahkan delapan sekolah tersebut akan bertanding dalam dua sesi babak semifinal LCC FAM 2021. Satu sesi bakal diikuti empat sekolah.

Untuk sesi pertama akan digelar pada Senin (1/2/2021) mulai pukul 10.00 WIB. Semifinal sesi pertama bakal diikuti SMAN 4 Solo, SMAN 3 Solo, SMAN Kerjo Karanganyar, dan MAN 13 Jakarta.

Baca juga: Cuaca Buruk, 2 Pesawat Tujuan Semarang Mendarat Darurat di Bandara Adi Soemarmo

Sedangkan semifinal sesi kedua bakal diikuti SMA Al Azhar Syifa Budi Solo, SMAN 1 Karanganyar, SMAN 2 Nganjuk, dan SMA Muhammadiyah PK Solo. Sesi kedua akan dilaksanakan pada Senin mulai pukul 13.30 WIB.

“Jangan lupa babak semifinal LCC FAM 2021 dapat disaksikan secara live melalui Youtube SoloposTV, Instagram @koransolopos, dan Facebook Solopos.com,” ujar Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya