SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, JAYAPURA — Persipura Jayapura kalah telak 0-6 dari tamunya klub Kuwait Al Qadsia dalam pertandingan leg kedua semifinal Piala AFC di Stadion Mandala, Jayapura, pada Selasa (30/9/2014).

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Dengan ketinggalan 0-6 itu berarti skor agregat adalah 2-10 karena Persipura kalah 2-4 di leg pertama di Kuwait dan gagallah harapan tim berjuluk Mutiara Hitam mencetak sejarah sebagai tim Indonesia pertama yang lolos ke final Piala AFC (Asian Football Confederation).

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Jepang Minoru Tojo dan disiarkan secara langsung oleh RCTI, Persipura mencoba membangun serangan sejak awal karena memang harus mengejar defisit gol karena kalah di leg pertama di Kuwait dengan skor 2-4.

Namun strategi menyerang sejak awal itu justru jadi bumerang. Baru 5 menit pertandingan berjalan, Persipura kebobolan melalui serangan balik melalui Saif Al Hashan yang menyambar umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Persipura dengan tendangan keras yang gagal diselamatkan kiper Yoo Jae-Honn.

Setelah skor 0-1, tim tamu semakin memiliki ‘angin’ untuk menekan Persipura dengan serangan yang lebih efektif ketimbang Persipura.

Pada menit ke-14 Saif hampir kembali mencetak gol, tetapi sundulannya yang menyambar umpan lambung Bader Al Mutawa tipis di tiang kiri gawang Yoo.

Menit ke-23 Persipura hampir kebobolan lagi. Bader yang menembus sisi kiri pertahanan tim berjuluk Mutiara Hitam berhasil melepas tendangan keras, namun hanya menghantam tiang kiri gawang Persipura.

Menit 31 giliran Fahad Al Ebrahim Al Ansari yang melepas bidikan jarak jauh keras dari jarak sepertiga lapangan. Kiper Yoo gagal menyelamatkan gawangnya, beruntung bola hanya menghantam mistar gawang.

Namun 2 menit kemudian Bader Al Mutawa tak lagi melepas peluang. Menguasai bola di sisi kanan pertahanan Persipura sedikit di luar kotak penalti, dia mengeceoh bek Fandry Imbiri sebelum melepas tendangan silang mendatar yang tak bisa ditepis Yoo.

Al Qadisa menutup babak pertama dengan serangan cepat, beruntung bola akhirnya jatuh di pelukan kiper Yoo.

Memasuki babak kedua, masuknya Feri Pahabol membuat Persipura sempat seolah akan bangkit. Namun kenyataannya dari satu serangan balik, Al Qadsia menambah gol ketiga pada menit ke-56.

Persipura memasukkan Ian Louis Kabes untuk mendongkrak serangan. Tapi konsekuensinya, pertahanan Persipura semakin terbuka. Inilah yang kembali dimanfaatkan oleh Bader dengan mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini.

Bader kembali jadi ‘hantu’ menakutkan bagi Persipura. Umpan silangnya pada menit ke-72 sempat diblok kiper Yoo, tapi bola rebound segera disambar Saif untuk mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Skor 0-4.

Hanya 2 menit kemudian, Bader kembali menunjukkan kehebatannya dengan memberi umpan terobosan yang sangat matang untuk Fahad El Ebrahim mencetak gol dan mengubah skor menjadi 0-5.

Gol keenam datang dari kapten tim Saleh Al Sheikh dengan kembali memaksimalkan assist dari Bader. Skor akhir 0-6.

Susunan pemain :

Persipura : Yoo JH; Fandry Imbiri, Ruben Sanadi, Bio, Tinus Pae; I.Wanggai, Lim JS, Pangkali, Robertino; Tibo, Boaz

Al Qadsia : Abdullahi, Al-Qahtani, Al-Heikh, Al-Hashan; Al-Ebrahim, Al-Amer, Al-Motawaa, Al-Fadhel; Alvaro, Subotic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya