SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Berakhirnya kegiatan belajar mengajar (KBM) semester ganjil dimanfaatkan sekolah untuk mempersiapkan siswa kelas XII menghadapi ujian nasional (UN). Berbagai cara dilakukan mulai dari penambahan jam pelajaran sampai disediakan klinik belajar.

Wakil Kepala I SMK Negeri 2 Solo, Sigit Susilo, menjelaskan mulai awal semester genap pihaknya memberikan pemadatan materi secara intensif kepada siswa kelas XII. Selain itu tambahan pelajaran juga telah disiapkan untuk mengisi waktu luang berupa pembekalan di hari tenang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tambahan itu untuk materi pelajaran yang di-UN-kan,” jelasnya saat ditemui wartawan di sekolah setempat, Senin (17/182/2012).

Selain itu, pihaknya juga menggandeng lembaga pendidikan Bahasa Inggris untuk memberikan pelatihan khusus bagi para siswa. Dengan pelatihan itu siswa juga akan mendapatkan sertifikat TOEIC yang berguna saat melamar pekerjaan. “Selain persiapan UN sekaligus persiapan untuk kerja,” jelasnya.

Sementara itu Kepala SMA Muhammadiyah Solo, Sri Darwati, menjelaskan sekolahnya sudah melakukan persiapan menghadapi UN sejak November. Persiapan dilakukan dengan membuat tambahan belajar, pembimbingan kelompok belajar dan terapi klinis. “Satu pekan ini siswa kelas XII belum libur, mereka mendapatkan jam tambahan dua jam pelajaran tiap hari,” jelasnya.

Sedangkan pembimbingan kelompok belajar dilakukan tiap Jumat, dan tiap kelompok belajar terdiri atas lima siswa yang dibimbing oleh satu guru. Sementara terapi klinis dikhususkan bagi siswa yang prestasi belajarnya dinilai menurun. Siswa bersama orangtua akan diajak duduk bersama untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan solusi yang harus diambil.

Selain persiapan materi, sekolah juga menyiapkan mental siswa agar siap menghadapi UN. Seperti yang dilakukan SMA Negeri 2 Solo. Sekolah setempat akan memberikan motivasi tambahan kepada siswa dengan menghadirkan motivator dan narasumber dari perguruan tinggi. “Mental siswa juga sangat penting agar mereka selalu siap,” jelas Wakil Kepala SMAN 2 Solo Bagian Humas, Ajuandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya