SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Malang–Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) hari ini resmi menutup total pendakian ke Gunung Semeru dan Bromo. Penutupan dilakukan sampai batas tidak ditentukan demi keselamatan.

“Hari ini resmi kami tutup pendakian ke Gunung Semeru dan Bromo, sampai kapan, kami belum bisa menentukan,” kata Kasubag Humas BBTNBTS Nova Elina di ruang kerjanya, Jumat (12/11), pagi.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Dalam surat No: PG.802/BT-1/201 yang dikeluarkan BB TNBTS penutupan jalur pendakian Gunung Semeru untuk umum diberlakukan sejak 12 November 2010. Alasan penutupan demi kepentingan pemulihan ekosistem, kondisi rambu-rambu jalur pendakian banyak mengalami kerusakan dan sering terjadinya badai di puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Sesuai isi surat ditanda tangani Kepala BBTNBS Sutrisno ini tidak mencantumkan batas waktu penutupan. “Surat ini juga disampaikan kepada bupati Lumajang dan bupati Malang,” beber Nova.

Hal serupa juga dibuat oleh BB TNBS untuk penutupan Gunung Bromo berlaku sejak hari ini. Surat No: S.807/21/BT.1/2010 ditujukan kepada Bupati Probolinggo, Malang, Lumajang serta Pasuruan. Surat itu berisi keamanan pengunjung Gunung Bromo bagi umum dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

BB TNBTS berharap wisatawan menghormati aturan ini dan tidak mendekat ke kawah Gunung Bromo. “Kami minta wisatawan tidak lagi, mendekat ke kawah. Minimal jarak 1 kilometer,” ujar Nova.

Sebagai antisipasi BBTNBTS selaku pengelola juga menyiagakan petugas di lokasi. Dengan tujuan memberikan larangan kepada wisatawan yang ingin mendekat ke kawah.

“Dengan turunnya surat ini, tidak ada rekomendasi untuk mendaki ke Gunung Semeru dan Bromo,” tegas Nova.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya