SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAYAPURA — Aparat keamanan TNI-Polri, Minggu (1/9/2019), memulangkan sekitar 298 pendemo yang sempat bersembunyi di kawasan Kelurahan Numbay, Distrik Jayapura Selatan, Papua, dengan menggunakan kendaraan militer miliki Kodam XVII Cenderawasih.

Ratusan warga yang sebelumnya ikut dalam demonstrasi yang diwarnai kekerasan pada Kamis (29/8/2019) lalu itu sempat bersembunyi di kawasan Kelurahan Numbay. Kapendam XVII Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto mengonfirmasi pemulangan ratusan pendemo tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Awalnya, kata Eko, masyarakat yang berasal dari pegunungan tengah itu sempat ketakutan dan tidak berani pulang ke rumah mereka yang berada di wilayah Abepura dan sekitarnya sehingga bersembunyi selama tiga hari. Ketakutan itu karena selain demo, kata Eko, mereka juga melakukan penjarahan, pembakaran, pelemparan maupun pengerusakan. Akibatnya, muncul kekhawatiran terjadi aksi balasan dari warga yang menjadi korban.

Ekspedisi Mudik 2024

Keberadaan mereka diketahui setelah adanya informasi dari Desmon Kogoya dan Komnas Ham sehingga Kodam XVII Cenderawasih melalui Asintel Kasdam Kolonel Inf JO Sembiring membantu pemulangan mereka.

Letkol CPL Eko mengatakan, 15 truk itu disiapkan untuk memulangkan para pendemo ke kawasan Abepura dan Waena. Selain mereka yang dipulangkan, ada satu orang yang diserahkan ke Polres Jayapura Kota karena diduga sebagai pelaku penjarahan.

Sebelumnya aparat keamanan TNI-Polri sudah melakukan pemulangan terhadap sekitar 1.500 orang pendemo yang sempat bertahan di kantor gubernuran Dok II Jayapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya