SOLOPOS.COM - Jati Belanda (acguanacaste.ac.cr)

Jati Belanda (acguanacaste.ac.cr)

Sembelit atau sering disebut konstipasi, merupakan gangguan pengeluaran feses (kotoran) yang frekuensinya tidak biasa. Jika dibiarkan akan menyebabkan perut tidak nyaman yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan usus buntu. Tak perlu panik karena masalah ini dapat diatasi dengan daun jati belanda.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Praktisi herbal Bagus Saputra menjelaskan frekuensi buang air besar yang normal yaitu dengan batasan sekali sehari. Apabila frekuensi berkurang dari biasanya, bisa jadi itu adalah gejala sembelit.

“Penyakit ini disebabkan banyak faktor, di antaranya karena usia, kurang cairan, kurang berolahraga, kurang makanan berserat, dan kebiasaan menunda buang air besar (BAB). Jika tak ingin hal itu terus terjadi, konsumsilah daun jati belanda,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di tokonya di Karangbendo, Caturtunggal III/1, Depok, Sleman, Senin (2/4).

Sejak zaman dulu, masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Pulau Jawa telah mengenal dan memakai air rebusan daun jati belanda sebagai obat pelancar BAB. “Daun jati belanda mengandung  tannin, musilago, resin, flavonoid, karotenoid, asam fenolat, zat pahit, karbohidrat, terpen, juga senyawa seperti, sterol, betasitosterol, alkoloida serta karbohidrat dan minyak lemak,” tambahnya.
Tanin diketahui mampu mengurangi penyerapan makanan dengan cara mengendapkan mukosa protein yang ada di dalam usus. Adapun musilago yang berbentuk lendir bersifat sebagai pelicin.

Penderita sembelit dapat mengonsumsinya dengan merebus daun jati belanda yang masih segar beberapa lembar, selanjutnya diminum airnya sehari satu gelas. Cara lain, giling daun jati belanda yang sudah kering hingga menjadi serbuk, kemudian seduh dengan air panas. Air saringannya bisa diminum sehari sekali. Kini telah ada alternatif lain yakni kapsul Griya Herbal. Kapsul ini merupakan herbal yang bermanfaat mengatasi sembelit.

Pengelola toko herbal Ihya ini menambahkan, seseorang yang terkena sembelit dianjurkan banyak mengonsumsi cairan. Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan sebaiknya perbanyak mengonsumsi buah-buahan terutama buah yang memiliki banyak serat, seperti pisang, semangka, atau alpukat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya