SOLOPOS.COM - Menteri Agama, Fachrul Razi. (Kemenag.go.id)

Solopos.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, meminta masyarakat memerhatikan sejumlah protokol ketika melakukan penyembelihan hewan kurban saat Iduladha.

Dia mengatakan pemotongan hewan kurban harus dilakukan di area terbuka. Hewan kurban yang akan disembelih harus dalam keadaan sehat. Adapun petugas penyembelihan juga mesti mengenakan masker.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Membawa alat masing-masing. Jaga jarak, cegah adanya kerumunan orang dan daging kurban diantar petugas ke alamat penerima,” katanya melalui keterangan video, Kamis (30/7/2020).

Stasiun Solo Balapan Mulai Buka Layanan Rapid Test Rp85.000

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut, kurban memiliki hukum sunah yang dianjurkan atau sunah muakadah. Sebagian daging hewan kurban diperbolehkan dikonsumsi oleh yang berkurban. Sisanya dapat dibagikan ke kerabat dan fakir miskin.

Kendati begitu pada Iduladha kali ini, Menag menyebut sebagian masyarakat sedang kesulitan akibat terdampak Covid-19. Dia menganjurkan sebanyak mungkin daging hewan kurban dibagikan kepada fakir miskin dan masyarakat terdampak pandemi.

“Untuk kali ini karena sebagian besar masyarakat sedang susah akibat terdampak Covid-19, sebaiknya sebanyak mungkin daging kurban itu kita berikan kepada fakir miskin dan masyarakat yang terdampak,” katanya.

BPBD Karanganyar Sebut Talut Longsor di Kemuning karena Human Eror

 

Protokol Kesehatan

Dia pun berharap masyarakat dapat tetap menjalankan ibadah pada hari raya sesuai dengan protokol kesehatan wajib yang telah ditetapkan pemerintah. “Dengan menaati protokol kesehatan sebaik-baiknya, insya Allah kita dapat merayakan kehadiran dan ibadah Iduladha 1441 Hijriah dengan baik serta aman Covid-19,” ujarnya.

Mantan Wakil Panglima TNI ini juga mengajak masyarakat berdoa agar pandemi ini segera berakhir di Indonesia dan dunia. Momen Iduladha ini diharapkan menjadi waktu untuk memantapkan diri menjadi pribadi taat dan bermanfaat untuk sesama.

Asyik, Museum Kereta Api Ambarawa Kembali Dibuka

“Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah dengan hikmat dan suka cita. Semoga Allah senantiasa meridai kita,” tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya