SOLOPOS.COM - Puri Gedeh Semarang (Instagram/@semarang.herritage)

Solopos.com, SEMARANG — Jawa Tengah adalah provinsi dengan kekayaan alam dan wisata yang berlimpah sehingga tidak heran sejumlah kota/kabupaten wilayah yang dipimpin Ganjar Pranowo ini menjadi daerah terkaya. Salah satu kota terkaya di Jateng adalah Kota Solo.

Meski demikian, berdasarkan penelusuran Solopos.com melalui berbagai sumber, sebenarnya belum ada sumber yang secara spesifik dan terperinci menyebutkan kota/kabupaten terkaya di Jawa Tengah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun berdasarkan salah satu sumber yang mengutip dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018 menyebutkan bahwa Kota Semarang dan Kabupaten Cilacap memimpin perekonomian di Provinsi Jawa Tengah sehingga secara otomatis menjadi daerah terkaya di Jawa Tengah.

Baca juga: Blora, Kabupaten Tersepi di Jateng Tapi Kaya Minyak

Penilaian ini dengan melihat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari kedua kota/kabupaten tersebut atas dasar harga berlaku dimana Kota Semarang mencapai Rp161,25 triliun atau sebesar 13,7 % dari total PDRB Jawa Tengah yang mencapai Rp1.176,5 triliun sementara Cilacap mencapai Rp105,67 triliun (8,98%)

Posisi ketiga ditempati oleh Kabupaten Kudus dengan PDRB sebesar Rp97,5 triliun (8,29%), disusul oleh Kabupaten Banyumas dengan PDRB sebesar Rp45,6 triliun, Kabupaten Semarang sebesar Rp43 trilun.

Kota/Kabupaten Terkaya di Jateng Berdasarkan Potensinya

Sementara ada sumber yang menyebutkan daftar kota/kabupaten terkaya di Jawa Tengah berdasarkan potensi Sumber Daya Alam (SDA), wisata hingga kekayaan sejarahnya.  Berdasarkan penilaian tersebut, Kabupaten Magelang berada di posisi pertama sebagai daerah terkaya di Jawa Tengah. Hal ini dengan melihat banyaknya potensi-potensi yang berkembang di sana.

Kondisi geografisnya di mana Kabupaten Magelang dikelilingi oleh berbagai pegunungan membuat potensi agraria berkembang pesat. Selain itu, banyak wisata-wisata berbasis alam dan sejarah yang menarik hingga menjadi sorotan dunia, salah satunya Candi Borobudur. Selain itu, dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), muncul beragam inovasi masyarakat, seperti munculnya Kampung Blogger hingga Kampung Inggris.

Posisi kedua diduduki oleh Kabupaten Demak sebagai daerah terkaya di Jawa Tengah. Dengan melihat SDA serta kekayaan sejarahnya di mana daerah ini pernah menjadi pusat Agama Islam di Pulau Jawa membuat banyak potensi bisa dikembangkan di kawasan pesisir ini.

Baca juga: Makamnya Tak Tenggelam Diterjang Ombak, Ini Sosok Syekh Mudzakir Demak

Kemudian Kota Surakarta, dikenal sebagai kota batik dan juga kota kuliner, Kota Surakarta atau yang lebih luas dikenal dengan nama Kota Solo ini telah berhasil menarik pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia hingga mnacanegara. Di tambah label Kota Solo sebagai kampung halaman Presiden RI saat ini membuat tingkat kunjungan kota Solo semakin meningkat.

Selain itu, berdirinya instansi pendidikan perguruan tinggi seperti Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) juga menarik para akademisi dari segala penjuru tanah air untuk datang ke Solo.

Lalu yang terakhir ada Kota Semarang, ibu Kota Jawa Tengah ini masuk dalam kategori kota terkaya di Jawa Tengah karena dengan melihat sejarah, Semarang adalah bekas kota pelabuhan yang pada zaman pemerintah kolonial Hindia Belanda dijadikan sebagai salah satu pusat perdagangan dan pemerintahan. Hal ini dibuktikan banyak ditemukan bangunan-bangunan khas kolonial yang menjamur di Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya