Semarang Kini Punya Jalur Khusus Sepeda
Jalur sepeda di Jl Lawu Karanganyar. Foto diambil, Rabu (17/6/2020).(Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, SEMARANG – Pengguna sepeda di Kota Semarang, Jawa Tengah kini bisa gowes dengan nyaman di jalur perkotaan tanpa khawatir terserempet kendaraan bermotor. Pemerintah Kota Semarang Semarang telah menyediakan jalur khusus sepeda di sejumlah ruas jalan protokol ibu kota Jateng itu.

Salah satu jalur khusus bagi pesepeda itu yang disediakan Pemkot Semarang itu berada di Jl. Pemuda. Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro P. Martanto, mengatakan keberadaan jalur sepeda itu sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No.59/2020 tentang Keselamatan Pesepda.

“Jalur ini intinya untuk menjamin keselamatan pesepeda di jalan raya. Di Kota Semarang ini kita awali dari titik nol Kota Lama,” ujar Endro, Jumat (23/10/2020).

Endah Laras Meriahkan Prambanan Jazz Festival Bareng Sinten Remen

Jalur khusus sepeda di Kota Semarang itu dimulai dari kawasan Kota Lama, berlanjut ke Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, dan lingkar Simpang Lima hingga Jalan Gajah Mada.

Endro mengatakan keberadaan jalur khusus sepeda ini pun membuat warga yang tergabung dalam komunitas pesepeda lebih bersemangat. Mereka bahkan berharap jika jalur sepeda bisa diterapkan di seluruh jalan protokol.

Hormati Jalur Khusus

Dengan adanya jalur sepeda ini, Endro juga mengimbau kepada pengguna kendaraan bermotor untuk menghormati. Dengan kata lain, penguna kendaraan bermotor dilarang menyerobot atau menggunakan jalur khusus sepeda yang telah diberi markah garis berwarna hijau.

“Nanti, kami bersama Satlantas Polrestabes Semarang akan melakukan penegakan hukum bagi yang melanggar,” tegas Endro.

Potret Bayi Tarik Masker Dokter di Dubai Viral, Asa Netizen Kembang

Sementara itu, Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polrestabes Semarang, Iptu Rina Rose, menyatakan mendukung secara penuh keputusan Pemkot Semarang mendirikan jalur khusus bagi pesepeda. Ia pun menghimbau kepada para pesepada untuk mematuhi jalur yang telah disediakan.

Sementara bagi pengendara lain, Rina berharap agar mau menghormati jalur yang telah disediakan bagi para pesepeda. Pihaknya pun tak segan untuk menindak pengendara yang menyerobot jalur sepeda.

“Nanti kami akan lakukan sosialisasi dulu terkait jalur sepeda ini. Setelah itu, kalau masih ada yang melanggar kita akan tindak tegas,” tutur Rina.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Semarangpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom