SOLOPOS.COM - Hujan es sebesar kelereng mengejutkan sebagian warga Semarang dan Kendal, Jumat (23/9/2022) malam. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Warga sekitar Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, dan Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) dikejutkan dengan fenomena turunnya hujan es pada Jumat (23/9/2022) malam, sekitar pukul 20.00 WIB. Peristiwa turunnya hujan es itu diiringi dengan angin kencang dan petir menggelegar.

Seorang warga yang menyaksikan turunnya hujan es, Basuki Rahmad, 24, warga Desa Sapen, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, mengaku sempat kaget dengan peristiwa itu. Ia pun mengaku sempat kaget lantaran es yang jatuh mengenai atap rumahnya sebesar kelereng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“[Kejadian] malam tadi [pukul 20.00 WIB]. Kaget, seumur-umur baru kali ini lihat hujan es,” ujar Basuki kepada Solopos.com, Jumat (23/9/2022) malam.

Tak hanya hujan es, Basuki menuturkan hujan tersebut dibarengi dengan terpaan angin kencang dan badai petir. Bahkan, akibat cuaca ekstrem itu listrik di desanya sempat padam.

“Hujan es enggak terlalu besar. Anginnya malahan yang besar. Pagar kayu samping rumah sampai rusak,” akunya.

Baca juga: Kenapa Hujan Es Bisa Terjadi di Indonesia, Ini Penjelasannya

Senada disampaikan Kharin Putri, 26, warga Desa Rejosari, Brangsong, Kabupaten Kendal, yang mengaku baru kali pertama merasakan hujan es di daerahnya. Meski demikian, ia mengaku fenomena hujan es itu terjadi tidak lama.

“Iya, hujan es tadi di sini. Tapi cepat durasinya, enggak sampai 30 menit,” jelas Kharin.

Kharin sempat kaget karena dirinya sedang bersantai di dalam rumah. Namun, tiba-tiba dikejutkan dengan suara benda-benda keras berjatuhan di atas genting rumah.

Baca juga: Klaten Masuki Musim Pancaroba, Waspadai Potensi Angin Kencang

Ia pun langsung keluar untuk mengecek asal suara itu. “Awalnya, saya kira ada yang melempar batu. Tapi, pas dilihat ternyata hujan es,” jelasnya.

Kharin juga menyatakan saat hujan es turun, listrik di kampungnya sempat mengalami pemadaman. Selain itu, angin kencang dan petir juga mengiringi turunnya hujan es itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya