SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Food Truck Festival 2019: Kuliner Pinggir Kali yang digelar di Taman Pleret, kawasan Sungai Banjir Kanal Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (26-28/4/2019), menyajikan sajian istimewa demi menarik perhatian publik. Bukan hanya truk yang berjejer rapi menjajakan makanan ataupun minuman, ada juga pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Rekor yang dicatatkan kali ini adalah penyajian 472 tahu gimbal, kudapan khas Kota Semarang. Tak kurang 50 chef dan 50 siswa SMK dilibatkan untuk membuat satu per satu makanan dengan cita rasa gurih tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati demikian, Muri baru akan menyerahkan piagam penghargaan Minggu (28/4/2019) ini. Sertifikat akan diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono.

Koordinator sekaligus head chef pemecahan rekor penyajian tahu gimbal terbanyak, Handy Sapta Putra, mengatakan dalam pembuatan tahu gimbal bukan mengalami kesulitan. Pasalnya, ada 50 chef profesional yang terjun langsung untuk memasak.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk membuat 472 porsi tahu gimbal, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 600 tahu, 600 lontong, 600 gimbal udang, 50 kg telur, 10 kg taoge, 10 kg kol, 3 kg bawang merah, 3 kg slederi, 20 kg sambel kacang, 10 liter kecap manis, 2 kg asam jawa, dan 2 kg bawang putih.

“Memang cukup banyak komponen untuk membuat tahu gimbal. Namun di balik banyaknya komponen itu akan tercipta rasa makanan yang gurih, sedap, dan bercitarasa tinggi,” papar Handy, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Handy, dalam membuat tahu gimbal yang paling penting adalah saat menggoreng kacang. Dalam membuat bumbu kacang tidak boleh terlalu matang.

“Kuncinya ya itu saat menggoreng kacang tidak boleh terlalu matang. Kalau matang nanti saat diblender kacang akan jadi pahit dan merusak cita rasa dari tahu gimbal tersebut,” jelasnya.

Senior Manager Muri Sri Widayati menambahkan pemberian rekor tahu gimbal terbanyak kali ini sekaligus menyambut hari ulang tahun ke-472 Kota Semarang. Sebelumnya, Kota Semarang juga pernah memecahkan rekor untuk penyajian lumpia terbanyak. Selain lumpia, Semarang juga tercatat pernah membuat tumpeng tertinggi pada saat hari ulang tahun BUMN.

“Pemberian rekor tahu gimbal terbanyak sangat pas dengan ulang tahun ke-472 Kota Semarang. Nanti piagam akan kami serahkan langsung ke pemerintah provinsi untuk menerimanya,” kata Sri.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya