SOLOPOS.COM - Ilustrasi Online Shop (Solopos)

Solopos.com, SOLO — Menyemarakkan Ramadan, sejumlah market place berlomba-lomba memanfaatkan momentum dengan menebarkan berbagai promo.

PT Glibal Digital Niaga (Blibli) meluncurkan kampanye Gas Ambil Rezeki Ramadan (Ga Sabar) selama periode 4-14 April 2023.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kampanye ini menghadirkan beragam promo menarik, mulai dari diskon 90% untuk semua pembelian, voucher combo up to Rp2,5 juta, sampai peluang gratis ongkos kirim (ongkir) berkali-kali tanpa minimal transaksi belanja.

Berdasarkan data Blibli yang diterima Solopos.com Jumat (24/3/2023), Ramadan tahun 2023 sudah tidak lagi penuh pembatasan seperti saat pandemi Covid-19. Analisis Blibli memperkirakan masyarakat menyambut Ramadan 2023 dengan lonjakan euforia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Lonjakan euforia juga diukur dari data Navigating Ramadan with Digital 2023 Playbook oleh Google yang menyebut jika konsumen digital di Indonesia semakin gencar berburu produk incaran mereka.

Produk-produk yang dicari antara lain di kategori makanan, gadget, dan pakaian. Selain itu kendaraan bermotor dan perlengkapan rumah tangga juga menjadi produk yang banyak dicari di periode menjelang ramadan.

SVP of Campaign Blibli, Cindy Kalensang, mengatakan jika kampanye Ga Sabar Blibli berupaya mewujudkan antusias pelanggan dalam membeli berbagai kebutuhan mereka selama Ramadan.

“Mulai dari kebutuhan harian, sampai perlengkapan ibadah,” ujar Cindy dari data yang diterima Solopos.com.

Data Blibli juga menampilkan jika di momen Ramadan 2022 terdapat peningkatan jumlah transaksi dua kali lipat dibandingkan hari biasa (year on year). Analisis Blibli menyimpulkan jika dari segi perilaku belanja, pelanggan mulai mencari dan membeli kebutuhan Ramadan sejak dua minggu sebelum bulan puasa.

“Karena itu, kami optimis dan berkomitmen untuk memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam berbelanja sebelum maupun pada saat berpuasa melalui fitur-fitur inovatif kami seperti layanan 2 Jam Sampai, Click & Collect, dan Blibli Instore,” tutup Cindy.

Perusahaan marketplace lainnya, Shopee, juga kembali menghadirkan Big Ramadan Sale 2023 untuk kampanye Ramadan yang diklaim sebagai promo terbesar se-Indonesia.

Kampanye Big Ramadan Sale 2023 akan berlangsung 13 Maret-22 April 2023 guna menemani pengguna memenuhi beragam kebutuhan, mulai dari persiapan menuju Ramadan, saat bulan puasa, sampai saat hari lebaran.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, mengatakan Ramadan menjadi momentum spesial bagi Shopee karena minat masyarakat mencari kategori identik Ramadan tinggi.

Data Shopee yang diterima Solopos.com Kamis (23/3/2023) menunjukkan penjualan di Shopee untuk kategori Lifestyle dan Elektronik meningkat dengan total produk terjual lebih dari dua kali lipat.

Peningkatan lainnya juga dialami oleh kategori FMCG sebesar tiga kali lipat di akhir tahun 2022.

“Melihat tingginya permintaan, kami hadirkan kembali Big Ramadan Sale 2023 sebagai kampanye dengan promo terbesar se-Indonesia,” tulis Monica.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya