SOLOPOS.COM - Pengunjung bergantian untuk berfoto dengan latar belakang miniatur masjid di depan Balai Kota Solo, Senin (11/4/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Lampion dan instalasi miniatur masjid menyala menghiasi Jembatan Pasar Gede dan halaman Balai Kota Solo dalam Semarak Ramadan 2022, Senin (11/4/2022) malam. Warga antusias berfoto dengan background lampion berwarna hijau dan kuning itu.

Pantauan Solopos.com, lalu lintas sepanjang Jl Jenderal Sudirman tidak mengalami kemacetan. Warga hanya berkerumun di jembatan dan Plaza Balai Kota. Ada juga sebagian dari mereka yang berswafoto dengan latar belakang lampion dan miniatur masjid.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Aparat Polresta Solo berjaga di beberapa lokasi untuk memantau lalu lintas dan mengimbau masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan serta menjaga barang bawaan agar terhindar dari pencurian.

Baca Juga: Semarak Ramadan 2022 Solo, Instalasi Cahaya Dipasang di 3 Lokasi Ini

Warga Jebres yang tengah duduk di kawasan balai kota, Aninda, 23, terlihat menikmati keramaian Semarak Ramadan di Balai Kota Solo malam itu bersama temannya. Kepada Solopos.com, ia mengatakan adanya lampion itu menjadi hiburan setelah seharian berpuasa.

semarak ramadan kota solo
Pengunjung memadati kawasan jembatan Pasar Gede Solo untuk menikmati lampion Semarak Ramadan, Senin (11/4/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

“Sangat bagus, dan cocok buat refreshing setelah satu hari berpuasa, kumpul sama teman-teman, dan foto-foto,” ungkapnya. Pengunjung lain, Damayanti, 35, mengungkapkan lampion ini menjadi sarana hiburan khususnya bagi anak-anak kecil.

“Tentunya senang, apalagi anak-anak kecil melihat lampion, miniatur masjid, bisa menjadi sarana hiburan yang murah meriah,” kata ibu dua anak ini.

Baca Juga: Semarak Ramadan, Balai Kota Solo Dihias Ornamen Masjid dan Lampion

Pengunjung asal Boyolali, Gita, 26, penasaran dengan lampion Semarak Ramadan di kawasan Balai Kota Solo ini. Sebelumnya, dia hanya mengetahui lewat media sosial Instagram.

Pedagang Raup Untung

“Awalnya di instagram, kok bagus, akhirnya ke sini, dan ternyata lumayan ramai, untungnya tidak sampai macet,” tuturnya saat berbincang dengan Solopos.com.

Selain pengunjung yang disuguhi keindahan lampion, pedagang kaki lima di kawasan jembatan Pasar Gede juga menyuguhkan jajanan untuk dinikmati sembari melihat lalu lalang dan keramaian Semarak Ramadan 2022 Kota Solo.

Baca Juga: Awas, Semarak Ramadan Solo 2022 di Koridor Jensud Solo Rawan Kerumunan

Pedagang Tahu Semarang, Indra, 32, mengakui dagangannya semakin laris karena adanya lampion Semarak Ramadan di Balai Kota Solo itu. “Semakin laris dibanding hari-hari biasanya yang paling cuma laku 200 porsi. Saat Ramadan ini lebih dari 500 porsi,” ungkapnya di sela-sela menyiapkan pesanan pelanggan.

Pedagang es teh keliling, Sulistyo, 30, juga tidak ketinggalan meraup keuntungan. Ia menegaskan sistem jemput bola mendekati pengunjung karena pengunjung cenderung enggan untuk jalan dalam situasi yang ramai.

Baca Juga: Semarak Ramadan, Instalasi Cahaya Mulai Dipasang di Koridor Jensud Solo

“Orang-orang kan penginnya sambil menikmati pemandangan lampion juga minum, justru ini menjadi peluang bagi saya, dan ternyata respons pengunjung bagus. Sehari bisa laku 20 cup besar dengan harga Rp5.000 saja,” katanya

Untuk mengunjungi lampion ini tidak dipungut biaya, hanya biaya untuk parkir Rp3.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya